Menu

Jangan Panik! Ini Masalah yang Kerap Dialami Saat Awal Kehamilan

02 Januari 2021 19:00 WIB

Ilustrasi ibu hamil yang sedang stres. (Pinterest/bbc.com)

HerStory, Bogor —

Kondisi ibu hamil saat berada di trimester pertama biasanya kerap mengalami masalah atau gangguan kesehatan, hal itu karena hormon dalam diri ibu hamil mengalami perubahan sehingga kondisi tubuh menjadi tak stabil. 

Perlu diketahui, periode ini merupakan masa kritis kehamilan karena merupakan awal terbentuknya janin dalam kandungan. Oleh sebab itu, kamu harus selalu waspada atas apa yang terjadi pada diri kamu. Melansir dari berbagai sumber (02/01/2021), berikut ini adalah permasalahan yang kerap terjadi pada usia awal kehamilan. Simak informasinya baik-baik ya moms! 

Mual dan muntah 

Rasa mual dan muntah adalah hal yang wajar dialami pada masa awal kehamilan, biasanya hal itu akan hilang saat kandungan memasuki usia 12 atau 14 minggu. Namun perlu diketahui, apabila kamu mengalami mual dan muntah yang begitu parah tentu hal itu dapat mengganggu masa kehamilan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan berat badan kamu turun, cepat merasa lelah, dan dehidrasi. Jika mengalami keadaan tersebut, segera konsultasikan dengan dokter ya moms!

Demam tinggi 

Saat berada dalam masa kehamilan tentu saja akan terjadi perubahan hormon, hal itu menyebabkan ibu hamil lebih rentan terserang penyakit seperti flu atau demam. Ketika kamu mengalami demam tinggi yang disertai dengan ruam dan nyeri otot, jangan disepelekan ya moms! Hal itu bisa jadi tanda bahwa kamu mengalami infeksi seperti cytomegalovirus (CMV), toksoplasma, dan parvovirus. Infeksi tersebut dapat mempengaruhi kondisi bayi dalam kandungan yang harus segera ditangani oeh dokter. Jika tak ditangani dengan segera, hal tersebut dapat meningkatkan risiko bayi mengalami cacat lahir atau cacat tabung saraf. 

Keputihan 

Keputihan adalah hal normal yang terjadi pada saat awal kehamilan. Akan tetapi, kamu harus tetap waspada ya moms. Pasalnya, keputihan juga bisa jadi tanda adanya infeksi pada dalam diri kamu. Biasanya hal itu akan ditandai dengan keputihan yang berbau menyengat, berwara, serta rasa gatal pada vagina. Apabila kamu mengalam kondisi tersebut, segera periksakan ke dokter ya moms! 

Perdarahan 

Moms, bagi sebagian orang perdarahan saat masa awal kehamilan adalah hal yang normal. Akan tetapi, jika mengalami hal tersebut kamu harus tetap waspada ya. Karena perdarahan pada awal masa kehamilan bisa jadi pertanda keguguran atau kehamilan ektopik. Perdarahan yang menjadi tanda keguguran biasanya disertai dengan kram perut yang sangat parah dan adanya jaringan atau air yang keluar dari vagina. Sedangkan perdarahan yang menjadi tanda kehamilan ektopik biasanya disertai dengan sakit perut yang sangat tajam. Apabila kamu merasakan hal tersebut, jangan ditunda dan segera periksakan ke dokter kandungan ya moms! 

Nah, itu dia 4 masalah yang sering timbul pada usia awal kehamilan. Untuk tetap menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh, sebaiknya lakukan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan yang bergizi dan juga istirahat yang cukup ya moms!