Menu

Jangan Panik Jika Panas Dalam Tak Kunjung Sembuh, Ini 3 Rekomendasi Obat untuk Mengatasinya Moms, Semua Ada di Apotek!

03 Maret 2023 07:50 WIB

Ilustrasi sakit karena demam berdarah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Saat mengalami panas dalam, tenggorokan akan terasa panad dan sakit untuk menelan. Beberapa orang juga mengeluhkan beberapa gejala lain, mulai darisairawan, bibir kering, dan susah buang air besar.

Kondisi tersebut tidak boleh diabaikan begitu saja Moms. Pasalanya, ada obat panas dalam tersendiri sesuai gejala yang timbul. Apa saja? Berikut ulasannya seperti dikutip pada Jumat (3/3/2023).

1. Untuk sariawan

Sariawan umumya disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi atau akibat lidah atau dinding mulut tidak sengaja tergigit. Namun, jika sariawan tak kunjung sembuh, kamu bisa minum paracetamol atau menggunakan obat benzocaine yang dioleskan ke area lepuhan sariawan.

2. Untuk sakit tenggorokan

Kamu dapat menggunakan obat panas dalam untuk meredakan sakit tenggorokan atau untuk mengobati kondisi dasar lain yang menyebabkan sakit di tenggorokan.

Obat-obatan bebas yang dijual di apotek tanpa resep dokter untuk meredakan nyeri tenggorokan, yakni paracetamol dan ibuprofen (Advil, Motrin).

2. Untuk bibir kering pecah-pecah

Lip balm membuat bibir tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembapan bibir.

Lip balm dapat melindungi bibir dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari