Menu

Tak Hanya Baik untuk Fisik, Puasa Juga Menyehatkan Mental Lho, Yuk Simak Penjelasan Psikiater Berikut Ini Moms!

03 Maret 2023 13:15 WIB

Ilustrasi puasa (Pexels/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tinggal menghitung hari, umat Muslim akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Moms, tentu kita semua tahu, salah satu perintah Allah SWT ini wajib dijalani bukan tanpa alasan. 

Selain untuk mengejar pahala, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan, terutama mental. Istimewanya, beberapa penelitian mengungkapkan, puasa memiliki efek langsung untuk menghilangkan stres. 

Psikiater sekaligus Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa FKKMK UGM, Ronny Tri Wirasto mengatakan, orang yang puasa cenderung membuat jadwal makannya lebih baik sehingga memengaruhi cara berpikir. 

"Jadi yang mengelola emosi adalah kemampuan berpikir. Dengan mengatur jadwal makan melalui puasa, itu juga menjaga hormon kortisol yang berhubungan dengan respon tubuh terhadap stres," ungkap Ronny, sebagaimana HerStory kutip dari laman UGM, Jumat (3/3/2023). 

Ronny menuturkan, puasa dapat menstabilkan hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Sederhananya, itu bisa mengurangi tingkat stres.

"Produksi hormon berhubungan dengan penyerapan protein. Saat kita bisa mengatur asupan, hormon juga akan lebih teratur. Jadi hormon yang tadinya dinamis, naik turun, bisa lebih ditekan, yang nantinya jadi lebih tenang,” kata Ronny.

Ronny menyampaikan, peningkatan hormon kortisol yang tidak sesuai kebutuhan menyebabkan seseorang mudah tersinggung. Selain itu, produksi hormon kortisol yang berlebihan juga tidak baik untuk kekebalan tubuh.

“Saat stres hormon Corticotropin-Releasing Factor (CFR) akan teraktivasi secara berlebihan, yang mempengaruhi makrofag sehingga menurunkan imunitas,” tutupnya.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani

Artikel Pilihan