Menu

Dampingi Dinda Hauw Melahirkan seperti Rey Mbayang, Apa Sih Manfaatnya Bagi Istri?

05 Maret 2023 17:35 WIB

Dinda Hauw, Rey Mbayang, dan Arshakalif Muhammad Mbayang (Instagram/dindahw)

HerStory, Jakarta —

Kabar bahagia datang dari pasangan Dinda Hauw dan Rey Mbayang di mana putra keduanya lahir dengan sehat. Sang putra lahir pada tanggal 2 Maret 2023 lalu.

Dinda Hauw dan Rey Mbayang sepakat untuk memilih proses kelahiran caesar sebab jakar melahirkannya belum terlalu lama dengan anak pertama. Dengan begitu, lukanya masih tipis.

“Alhamdulillah kita kelahiran anak kedua ini caesar lagi, karena memang jarak sama anak yang pertama itu nggak terlalu jauh jadi luka caesarnya pun juga kanan kirinya masih tipis,” Ujar Dinda Hauw dilansir dari kanal YouTube Intens Investigasi.

Selain itu, dengan melakukan operasi caesar mereka bisa menentukan tanggal kelahiran sang putra. Oleh karena itu, pasangan ini memilih untuk menyambut sang putra di tanggal cantik.

Selama proses melahirkan, Rey Mbayang setia mendampingi sang istri dengan selalu berada di sampingnya. Ternyata tindakannya ini memiliki dampak positif, lho.

Kira-kira apa saja manfaat melahirkan jika didampingi oleh suami, Moms? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah HerStory rangkum dari laman media sindikasi Suara.com, Minggu (5/3/2023), berikut ini.

1. Istri Jadi Lebih Nyaman dan Tenang

Saat sudah masuk ruang bersalin, tak dapat dipungkiri bahwa ibu hamil yang akan melahirkan cenderung sangat gugup. Pada situasi seperti inilah, peran suami bisa sangat membantu untuk membuat istri yang akan melahirkan menjadi lebih tenang.

Melansir dari situs WHO, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil yang didampingi oleh suami atau pendamping dapat memberikan perasaan lebih nyaman dan tenang sehingga membantu kelancaran proses persalinan.

2. Mendapat Dukungan secara Emosional dan Psikologis

Manfaat suami mendampingi istri melahirkan lainnya adalah membuat istri merasa mendapat dukungan secara emosional dan psikologis. Bentuk dukungan tersebut bisa berupa memberikan pijatan ke sang istri, memberikan minum, mengelus rambut untuk meredakan kekhawatiran, dan lainnya.

Saat wanita yang akan melahirkan mendapatkan dukungan secara emosional maupun psikologis dari suaminya atau orang yang dipercayainya, itu terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan usai persalinan.

3. Membantu apa yang diinginkan istri 

Suami sebaiknya siaga agar dapat membantu apa yang dibutuhkan istri selama proses persalinan. Sebagai suami, Anda bisa berdiskusi dengan sang istri apa saja yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. 

Selain itu, Anda dapat membantu menyampaikan keluhan yang dirasakan istri ketika sang istri tidak cukup kuat untuk menyampaikannya kepada dokter atau bidan selama proses persalinan.

4. Memberitahu Apa yang Terjadi saat Proses Melahirkan

Suami juga bisa membantu untuk menyampaikan apa yang terjadi selama proses melahirkan kepada sang istri. 

Saat proses melahirkan, biasanya sang istri tidak dapat langsung melihat bayi yang dilahirkannya karena tubuh lemas. Dalam situasi seperti, inilah suami bisa membantu memberi tahu kondisi bayi dan jenis kelamin bayi kepada sang istri.

Artikel Pilihan