Menu

Baik untuk Tumbuh Kembang si Kecil, Ini Makanan Bisa Bantu Meningkatkan Tinggi Badan Anak, Moms Wajib Tahu!

06 Maret 2023 07:55 WIB

Ilustrasi Bayi Makan. (Vividbaby.com/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, perkembangan seorang anak memang sangat bergantung pada gennya. Meski demikian, pola hidup juga memiliki peran penting dalam tumbuh kembang si kecil, termasuk tinggi badannya. 

Sesuai studi internasional yang diterbitkan dalam jurnal Plos One menyebutkan, pola hidup, sepeti asupan nutrisi memainkan peran yang lebih besar dalam hal pertumbuhan tinggi badan anak remaja. 

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal AMA juga menunjukkan hubungan antara gangguan tidur dan rendahnya tingkat Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH), yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan tulang dan peningkatan tinggi badan. 

Nah Moms, beberapa makanan berikut ini memang bisa membantu dalam pertumbuhan tinggi badan anak, berkat nutrisi di dalamnya. Apa saja sih? Yuk simak penjelasannya berikut ini, sebagaimana sudah HerStory rangkum dari Times of India, Senin (6/3/2023).

1. Olahan Susu

Makanan olahan susu memiliki efek pada pertumbuhan tinggi badan anak. Olahan susu seperti keju, paneer, yoghurt, krim, dan es krim kaya akan vitamin A, B, D dan E. 

Mereka juga mengandung protein dan kalsium. Vitamin D dan kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang, lho Moms. Sebab itu, kekurangan vitamin D dapat menghambat kenaikan tinggi badan.

2. Telur 

Makanan selanjutnya yang bisa bantu pertumbuhan tinggi badan si kecil adalah telur. Asupan hewani ini sumber protein yang baik. 

Albumen putih mereka memiliki 100 persen protein. Telur juga mengandung vitamin B2, yang juga dikenal sebagai riboflavin, yang bisa meningkatkan tinggi badan. 

3. Kedelai

Tahukah Moms, kedelai mengandung protein tertinggi di antara semua makanan nabati. Protein murni yang terkandung dalam kedelai meningkatkan massa tulang dan jaringan. 

Guna meningkatkan tinggi badan, asupan 50 gram kedelai direkomendasikan setiap hari. Salah satu makanan olahan kedelai, seperti tempe dapat dikonsumsi setiap hari untuk pemenuhan gizi protein pada si kecil. 

4. Pisang

Pisang merupakan buah paling penting bagi pertumbuhan tinggi badan. Buah kni kaya akan nutrisi penting seperti kalium, mangan, kalsium, serat larut, Vitamin B6, C, A, dan prebiotik sehat. 

Sebab itu, pisang disebut sebagai salah satu makanan yang tidak dapat abaikan dalam pemenuhan gizi seimbang bagi anak, terutama pertumbuhan tinggi badan.

5. Ikan

Ikan sangat berharga untuk membantu tumbuh kembang tinggi badan anak karena kaya akan asam lemak omega-3. Tahukah Moms, asupan 100 gram salmon sudah menenuhi 2,3 gram omega-3, serta zat besi, kalsium, fosfor, selenium, dan vitamin penting. 

Menurut sebuah penelitian pada 2017, asam lemak omega-3 memainkan peran kunci dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, termasuk fungsi kognitif, kesehatan kardiovaskular, dan sistem kekebalan tubuh.

Semoga informasinya bermanfaat, ya Moms!