Menu

Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat ala Dokter Boy Abidin, Simak Yuk Moms!

09 Maret 2023 17:05 WIB

Ilustrasi ibu hamil minum susu (Sumber/Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Moms, memasuki masa kehamilan, setiap wanita pasti menginginkan kondisi fisik dan mental yang sehat. Nah, untuk mencapai kehamilan yang sehat, tentunya para Moms perlu memenuhi asupan seimbang serta mengelola aktivitas harian dengan baik.  

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Boy Abidin, menjelaskan, selama masa kehamilan, para Moms membutuhkan asupan nutrisi makro dan mikro yang lebih banyak dari kondisi biasanya.

"Pada masa kehamilan, tubuh ibu membutuhkan asupan nutrisi makro dan mikro tertentu yang lebih banyak dari kondisi biasanya, seperti protein, zat besi, zinc, asam folat, kalsium, dan berbagai vitamin lainnya. Penambahan berat badan yang sehat dan pemenuhan nutrisi yang tepat dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat,” kata dr. Boy, saat ditemui HerStory di Seribu Rasa, Gunawarman, Jakarta, Kamis (9/3/2023). 

Meski demikian, penambahan kuantitas konsumsi makanan tanpa memerhatikan jenis nutrisi tepat, dapat menimbulkan berat badan berlebih lho, Moms. Sebab itu, kondisi ini bisa menimbulkan risiko pada kesehatan ibu, misalnya diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, dan preeklamsia. 

“Bahkan bahayanya diabetes itu bisa menyebabkan kematian pada janin. Jadi, asupan juga perlu dijaga. Pemenuhan jenis nutrisi yang kurang tepat juga memberikan risiko bagi janin, seperti gangguan tumbuh kembang setelah lahir atau stunting,” ungkap dr. Boy. 

Pemenuhan nutrisi bisa terpacai salah satunya dengan konsumsi susu khusus ibu hamil yang lebih rendah lemak. Mengonsumsi susu rendah lemak membantu para Moms yang hamil tak kelebihan berat badan, tapi nutrisi tetap terpenuhi. 

Diketahui, dalam penelitian yang dilakukan Lembaga Riset Independen, pada 2021-2022 terhadap 600 ibu hamil berusia 20-40 tahun di 9 kota besar di Indonesia, ditemukan aspek tidak menambah berat badan saat hamil.

Temuan ini menandakan, ibu hamil di Indonesia juga mulai menyadari kebutuhan untuk menjaga berat badan sehat sambil memastikan nutrisi kehamilan terpenuhi.

"Kombinasi makanan dengan susu kehamilan bisa meniadi solusi bagi ibu hamil yang ingin memenuhi nutrisi lengkap tapi kesulitan memenuhi asupan dari makanan pokok karena merasakan mual dan tantangan lainnya. Susu kehamilan bisa menjadi pilihan dalam meyakinkan kebutuhan gizi tubuh ibu hamil dan janin terpenuhi,” tutup dr. Boy. 

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani

Artikel Pilihan