Menu

Jaga Janin Tetap Sehat, Ini 8 Zat Gizi Penting untuk Dukung Kehamilan yang Baik, Simak Ya Moms!

09 Maret 2023 18:24 WIB

Ilustarsi ibu hamil mengonsumsi makanan (Sumber/Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Para Moms yang sedang hamil harus memiliki status gizi yang baik. Sebab itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang beranekaragam baik proporsi maupun jumlahnya. 

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr. Boy Abidin, mengungkapkan, apabila para Moms sehari-harinya tidak cukup mengandung zat gizi yang dibutuhkan maka berpotensi menghambat pertumbuhan janinnya. 

“Jadi asupan makanan sehari-hari ibu hamil itu harus pas, jangan terlalu berlebihan jangan juga kurang. Bagaimana kualitas anak dilahirkan itu tergantung dari bagaimana pola hidup ibunya. Sebanyak 8 kandungan nutrisi wajib dipenuhi,” ujar dr. Abidin, dalam peluncuran Susu Ibu Hamill Rendah Lemak, Anmum Lite, di Seribu Rasa, Gunawarman, Jakarta, Kamis (28/3/2023).

Lantas, apa saja 8 gizi wajib untuk para Moms agar kehamilan terjaga dengan baik? Yuk simak daftarnya berikut ini.  

1. Tinggi Asam Folat

Nah Moms untuk mendukung kehamilan yang sehat, dr. Boy menegaskan, asupan paling utama adalah asam folat. Nutrisi ini membantu pembentukan sel darah merah dan memelihara pertumbuhan serta perkembangan janin.

“Jadi asam folat berfungsi membentuk susunan saraf pusat pada bayi. Pada 12 minggu pertama otak yang pertama kali berkembang. Jadi kalau kurang asam folat maka berpotensi bermasalah pada pertumbuhan otak janin,” tegas dr. Boy.  

2. Zat Besi

Selanjutnya, nutrisi penting lainnya untuk janin adalah zat besi. Tubuh para Moms membutuhkan zat besi untuk pemenuhan zat hemoglobin, yaitu protein sel darah merah. 

3. Vitamin B6 dan B12

Moms, kebutuhan vitamin B5 dan B12 sangat penting jangan lupa untuk ada dalam daftas asupan nutrisi harian. Vitamin B6 membantu metabolisme energi dan pembentukan jaringan. 

“Sementara vitamin B12 membantu pembentukan sel darah merah pada bayi yang ada di dalam kandungan,” tutur Boy. 

4. Serat Pangan

Asupan serat yang cukup bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Pada saat hamil, serat pangan membantu memelihara fungsi pencernaan. 

5. Kalsium

Pembentukan tulang janin ditentukan pada asupan kalsium para Moms. Sebab, kalsium membantu dalam membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. 

6. Protein

dr. Boy menegaskan, asupan gizi paling penting untuk setiap orang terutama ibu hamil adalah protein. Ini guna memperbaiki jaringan tubuh. 

“Protein salah satu komponen essensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Protein berfungsi untuk membangun jaringan tubuh janin,” kata dr. Boy. 

7. Zinc

Konsumsi zinc yang cukup dapat berkontribusi terhadap fungsi normal daya tahan tubuh. Tahukah Moms, zinc juga membantu penyempurnaan genetik janin sehingga calon baby dapat tumbuh kembang dengan sehat. 

8. Iodium

Asupan yodium sangat penting untuk perkembangan syaraf janin terutama pada timester awal kandungan. Iodium juga berfungsi sebagai hormon tiroid.

Semoga informasinya bermanfaat, ya Moms!

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani