Menu

Terlihat Sepele, Ternyata 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Ginjal Rusak Lho, Nomer 1 Sering Banget Kelewat Nih!

13 Maret 2023 09:10 WIB

Ilustrasi wanita mengalami sakit ginjal (Shutterstock/Fizkes)

HerStory, Jakarta —

Beauty, seperti yang kita tahu, ginjal merupakan salah satu organ tubuh terpenting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Jadi, kamu harus benar-benar memperhatikan kesehatan ginjal.

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab sakit ginjal, mulai dari faktor usia, keturunan, hingga kebiasaan buruk yang sering disepelekan.

Memangnya kebiasaan buruk apa sih yang bisa menyebabkan ginjal menjadi rusak?

Menukil dari laman Clevelanclinic, Senin (13/3/2023), berikut ini 4 kebiasaan buruk yang menimbulkan penyakit ginjal, tapi masih sering disepelekan. 

Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih bisa mengganggu kadar natrium dalam tubuh yang bisa berakibat fatal pada fungsi ginjal. Tubuh yang kurang air juga sulit untuk menjaga kestabilan tekanan darah.

Saat dehidrasi, tekanan darah dan aliran darah ke ginjal juga menurun. Hal ini bisa merusak pembuluh darah yang menuju ke ginjal dan melukainya.

2. Hobi konsumsi makanan cepat saji

Banyak orang yang gemar mengonsumsi makanan cepat saji karena dinilai praktis. Namun, terlalu banyak mengonsumsinya bisa berakibat fatal pada kesehatan.

Pasalnya, makanan cepat saji mengandung tinggi natrium yang buruk bagi jantung dan ginjal. Jika berlebihan, maka risiko batu ginjal juga meningkat.

3. Kebiasaan merokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Makanya, kebiasaan merokok sangat berbahaya.

Kalau kamu kesulitan untuk berhenti merokok, cobalah segera konsultasikan dengan dokter untuk mengikuti terapi menghentikan kebiasaan merokok.

4. Konsumsi suplemen berlebihan

Mengonsumsi suplemen berlebihan bisa merusak ginjal. Apalagi, banyak suplemen yang dicampur dengan zat aktif tertentu yang kadarnya tinggi.

Untuk itu, penting sekali mengonsumsi suplemen sesuai dengan petunjuk dan anjuran dari dokter. Cermati juga label kemasan sebelum membelinya.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang terlihat sepele, padahal bisa merusak ginjal. Hati-hati, ya!