Menu

Jangan Abai Moms, Pola Hidup Gak Sehat Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes pada Anak, Kenali Gejalanya Sedini Mungkin, Ini Kata Dokter Ahli!

13 Maret 2023 11:05 WIB

Alat cek gula darah. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Jakarta —

Moms, sebagai orang tua kita harus lebih sadar dengan gejala diabetes pada anak sedini mungkin agar bisa ditangani dengan segera. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan angka diabetes pada anak meningkat 70 kali lipat tiga belas tahun terakhir.

Melihat fenomena ini, orang tua perlu ketahui gejala diabetes pada anak sehingga bisa ditangani sedini mungkin.

Terkait gejala, nyatanya diabetes pada anak mempunyai ciri yang tak jauh berbeda dengan yang dialami oleh orang dewasa.

Hal ini diungkapkan oleh Health Communication Kalbe Nutritionals, dr. Dewi Virdianti P, dalam Instagram Live @ptkalbefarmatbk.

Pertama, gejala yang bisa dikenali adalah anak akan mudah haus dan jadi sering minum. Kedua, anak sering lapar dan jika makan banyak, anak sulit naik berat badannya.

"Ini dikarenakan asupan gula tak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh,” ungkap dr. Dewi.

dr. Dewi menuturkan, ciri lain yang dapat terlihat dari anak ketika mengalami diabetes adalah anak terlihat lemas, karena makanan yang dimakan tak dapat terbentuk menjadi energi.

Hal ini menyebabkan seolah-olah anak dengan diabetes mudah mengalami tantrum atau seperti mengalami gangguan.

Di saat bersamaan anak tak dapat menjelaskan gejala-gejala yang membuat tubuhnya tak nyaman.

Diabetes sendiri mempunyai dua jenis tipe. Namun, tipe 1 yang paling sering dialami oleh anak-anak. Diabetes tipe satu ini sering disebut sebagai Juvenile Diabetes.

Kemudian, saat anak memasuki pubertas, jika pola hidupnya tak sehat, ia bisa terkena diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 banyak terjadi pada anak usia di bawah 10 tahun.

"Penyebabnya, karena kerusakan sel pankreas yang menghasilkan hormon insulin, yang kita tahu bahwa insulin itu untuk mengatur gula,"papar dr. Dewi lagi.

Memasuki usia 12 tahun atau masa-masa pubertas, jika pola hidup tak sehat, maka akan terjadi diabetes tipe 2. Hal ini karena adanya resistensi insulin.

"Insulinnya ada, tapi tak dapat bekerja dengan baik sehingga terjadilah peningkatan kadar gula dalam darah dan terjadilah diabetes,” tutupnya.

Artikel Pilihan