Menu

Moms, Tak Perlu Bingung! Begini Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

06 Januari 2021 15:50 WIB

Seorang ibu menggendong anaknya. (Unsplash/Jonathan Borba)

HerStory, Bogor —

Cegukan adalah kontraksi atau kejang pada otot diafragma. Selain itu, cegukan juga merupakan gangguan pada saluran pencernaan yang bisa terjadi pada semua rentang usia, bahkan pada janin dalam kandungan. Perlu diketahui, bahwa cegukan pada bayi tak menimbulkan rasa sakit ataupun bahaya. Hanya saja hal itu akan membuat si kecil merasa tak nyaman. 

Biasanya para orang tua yang baru mengalami hal ini akan merasa panik dan bingung untuk mengatasinya. Nah, mulai saat ini jangan bingung lagi ya moms! Karena HerStory akan memberikan informasi untuk kamu mengenai bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi. Simak informasi berikut ini dengan baik ya. 

Menggosok punggung bayi 

Ketika bayi mengalami cegukan, segera tenangkan dirinya dengan mengelus-elus bagian punggungnya secara perlahan ya. Apabila setelah beberapa menit cegukan tak kunjung hilang, kamu perlu berhenti menyusui si kecil, karena jika terus dilanjutkan dapat menyebabkan ia muntah. 

Ubah posisi menyusui 

Terkadang bayi akan menelan banyak udara saat sedang menyusu, hal tersebut dapat menyebabkan ia mengalami cegukan. Oleh karena itu, apabila si kecil mengalami cegukan segera ubah posisi menyusui ya moms. 

Menyendawakan bayi

Menyendawakan bayi adalah hal yang penting dilakukan ketika selesai menyusui. Hal tersebut bertujuan untuk mengeluarkan udara berlebih yang ada di dalam perutnya. Selain itu, bersendawa juga dapat membantu melepaskan kejang otot pada diafragma dan menghentikan cegukan. 

Biarkan berhenti dengan sendirinya

Perlu diketahui, bahwa tak semua cegukan yang dialami oleh bayi memerlukan penanganan khusus. Ada kalanya cegukan tak berlangsung lama dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, pastikan si kecil dalam keadaan yang nyaman dan kamu tetap memantaunya ya moms. 

Nah itu dia 4 hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi. Tetap tenang dan jangan panik ya moms. Semoga informasi ini dapat membantu kamu :)