Menu

Kenali Diastasis Recti, Kondisi Perut yang Gak Kempes Lagi Usai Melahirkan, Ini Penyebab dan Solusinya Moms!

15 Maret 2023 09:05 WIB

Ilustrasi lemak perut buncit yang membandel. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, saat hamil pasti kamu jadi gampang lapar dan banyak mengonsumsi makanan. Akan banyak sekali perubahan yang muncul pada ibu hamil, salah satunya perut yang semakin membesar.

Biasanya, pelebaran tubuh yang Moms alami selama hamil akan kembali menyusut setelah melahirkan nornal maupun operasi caesar.

Namun sayangnya, dalam beberapa kasus, pelebaran tubuh ini ternyata mampu memicu kondisi diastasis recti atau diastasis rekti.

Diastasis recti meupakan kondisi di mana otot-otot perutmu mengalami pemisahan karena adanya tekanan yang terjadi di dalam perut. Jadi, perut akan tampak besar dan kendur.

"Banyak perempuan atau para ibu khususnya, yang belum mengetahui tentang kondisi diastasis recti yang umum dialami pasca kehamilan," kata dr. Catherine Soebroto, Founder dari dr. Belle Aesthetic Clinic dalam keterangan resminya yang dikutip HerStory, Rabu (15/3/2023).

Diastasis recti ini cukup umum dialami para wanita pasca melahirkan. Hal itu diungkap dalam sebuah studi di British Journal of Sports Medicine pada tahun 2016 yang menemukan bahwa hampir 60% perempuan dapat mengalami diastasi recti selama hamil maupun usai melahirkan.

Kebanyakan ibu berasumsi bahwa dengan banyak sit-up serta pola makan yang sehat merupakan satu-satunya solusi mengecilkan perut setelah melahirkan untuk kembali normal. 

Namun faktanya, banyak di antara mereka yang berhasil menurunkan berat badan seperti sediakala, tapi perut tetap terlihat kendur. 

"Banyak dari mereka melakukan berbagai cara seperti melakukan diet dan rajin berolahraga, namun seringkali terjadi berat badan sudah kembali seperti semula tapi perut tetap terlihat buncit," ujar dr. Catherine.

Meski begitu, ternyata ada beberapa hal yang bisa para ibu lakukan untuk memperbaiki kondisi perut seperti semula pasca melahirkan, salah satunya dengan melakukan treatment menggunakan teknologi EMSCULPT.

Treatment yang satu ini merupakan disebut ampuh dan aman untuk membentuk otot pada bagian tubuh tertentu termasuk perut. Jadi, ini jenis treatment yang bisa melangsingkan tubuh kembali.

Melakukan treatment EMSCULPT selama 30 menit setara dengan melakukan sit-up 20.000 kali, yang dapat membakar 19% lemak membandel sekaligus membentuk 16% otot secara simultan dalam satu kali perawatan. 

Di Indonesia sendiri, hanya sedikit klinik kecantikan yang menawarkan treatment EMSCULPT ini. Salah satu klinik yang menawarkan treatment tersebut adalah dr. Belle Aesthetic Clinic. 

"Metode EMSCULPT ini menggunakan teknologi bernama High Intensity Focused Electro - Magnetic (HIFEM) yang mengandalkan frekuensi tinggi dan energi elektromangenetik yang bekerja merangsang otot berkontraksi, sehingga tercapai massa otot yang diinginkan,” jelas dr. Catherine.

Nah, itulah penyebab dan solusi untuk Moms yang mengalami diastasis recti. Mau coba, Moms?

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan