Menu

Hempaskan Kolesterol dengan 10 Ramuan Alami Ini, Bye-bye Rasa Nyeri!

15 Maret 2023 15:05 WIB

Daun salam. (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kolesterol merupakan salah satu penyakit yang umum didengar oleh masyarakat. Namun, masih banyak yang belum mengenali seberapa bahaya penyakit ini.

Kolesterol sendiri disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat, sehingga membuat penderitanya harus melakukan upaya pencegahan agar tak terjadi komplikasi.

Nah, pencegahan kolesterol bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami atau rebusan daun yang bagus untuk kolesterol.

Lantas, apa saja rebusan herbal yang berkhasiat untuk menghempaskan kolesterol? Yuk, simak ulasannya di bawah ini, Beauty.

1. Daun Salam

Rebusan daun salam disebut baik untuk kolesterol karena dapat mengurangi glukosa serum, kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida, serta sebaliknya dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) pada penderita diabetes tipe-2.

Mulailah dengan merebus 20 gram daun salam dalam 400 ml air selama 15 menit.

2. Daun Kelor

Rebusan daun yang bagus untuk kolesterol lainnya adalah daun kelor karena menganduk rendah lemak dan tidak ada kolesterol berbahaya, juga kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, C, folat, kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan seng. Mulailah untuk rutin mengonsumsinya.

3. Daun Avokad

Daun avokad juga disebut dapat menjadi rebusan daun untuk kolesterol setelah adanya penelitian yang menunjukkan air rebusan daun avokad mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh.

4. Daun Sirih

Daun ini terbukti memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol LDL, kolesterol total, dan trigiserida, serta sekaligus membantu meningkatkan kolesterol HDL.

5. Daun Sirsak

Daun sirsak menjadi salah satu rebusan daun yang bagus untuk kolesterol karena disebut memiliki efek mengendalikan berat badan dan kolesterol darah, berasal dari flavonoid yang dapat menghambat enzim pembentukan kolesterol.

6. Daun Kari

Selanjutnya adalah daun kari, disebut bagus untuk kolesterol karena berkhasiat menurunkan kolesterol dan gula darah, meski perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat rebusan daun kari.

7. Daun Kumis Kucing

Memiliki kandungan flavonoid membuat daun kumis kucing juga menjadi pilihan untuk rebusan daun yang bagus untuk kolesterol, karena dapat membantu menurunkan kadarnya dalam darah.

8. Daun Serai

Pada penelitian dengan hewan, konsumsi daun serai telah terbukti dapat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, namun perlu penelitian lebih lanjut pada manusia terkait cara menurunkan kolesterol.

9. Daun Terminala Arjuna

Daun ini mungkin masih asing didengar, namun daun arjun ini disebut-sebut sangat luar biasa untuk semua masalah jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah akumulasi racun dalam tubuh.

Cobalah gunakan bubuk daun arjun dalam jumlah 500 dan langsung diminum dua kali sehari setelah makan atau merebusnya dalam 400 ml air dan diminum jika sudah tersisa 100 ml.

10. Daun Ara Suci

Daun yang lain adalah daun ara suci yang juga baik untuk pengobatan jantung, cobalah rebus daun ini dengan air dan tunggu hingga air sisa seperempat lalu diminum, cobalah konsumsi selama beberapa hari.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Beauty!

Artikel Pilihan