Menu

Rekomendasi Obat Sirop Aman untuk Si Kecil dari Caca Tengker, Bisa Jadi Pilihan Nih Moms!

22 Maret 2023 13:20 WIB

Stimuno Sirop Obat Aman. (Dok. Istimewa/Stimuno)

HerStory, Jakarta —

Moms, beberapa waktu lalu, kasus gangguan ginjal akut (GGA) pada anak yang disebabkan oleh zat kimia berbahaya dalam obat sirop cukup membuat khawatir.

Namun, kini kasusnya mereka dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat gak ada lagi kasus GGA di Indonesia. Bahkan, Badan Pengawan Obat dan Makanan (BPOM) juga telah merilis sejumlah obat sirop yang aman dikonsumsi.

“BPOM dalam melakukan evaluasi, dalam mengeluarkan izin obat, banyak dasar yang digunakan baik yang berlaku secara nasional maupun internasional. Apa yang dilakukan BPOM merupakan best practice yang dilakukan secara internasional,” kata Plt. Direktur Registrasi Obat BPOM, Ibu Tri Asti Isnariani dikutip HerStory dari keterangan resminya, Rabu (22/3/2023).

BPOM selalu melakukan pengawasan ketat dan perusahaan farmasi diminta untuk melakukan pengujian dan pembuktian sistem jaminan mutu. Setelah semua persyaratan terpenuhi, BPOM secara berkala merilis daftar obat-obatan yang aman. 

"Sejak November hingga Januari, sekitar 616 obat sudah dinyatakan aman sepanjang digunakan sesuai aturan pakai," imbuh Ibu Asti.

Salah satu produk sirop obat yang telah dinyatakan aman oleh BPOM adalah Stimuno melalui surat nomor B-PW.02.04.4.43.12.22.991. Stimuno merupakan Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yang telah teruji klinis, sehingga bersertifikat Fitofarmaka.

“Stimuno merupakan satu-satunya imunomodulator herbal bersertifikat Fitofarmaka, terbuat dari meniran hijau, bekerja langsung di sistem imun dan telah tersertifikasi halal,” ungkap Presiden Direktur PT Dexa Medica, Bapak V Hery Sutanto.

Sirop Obat Fitofarmaka Jadi Pilihan Caca Tengker 

Kasus sirop obat cemaran Etilen Glikol/Dietilen Glikol (EG/DEG) yang terjadi sejak Agustus 2022 dan menyusul pelarangan penjualannya, memengaruhi keputusan ibu dalam membeli sirop obat untuk anak balita. 

Artis Caca Tengker sekaligus ibu beranak dua memutuskan untuk menggunakan sirop obat fitofarmaka yang terbukti aman dan sudah teruji klinis pada manusia.

“Kasus sirop cemaran yang terjadi beberapa waktu lalu, sangat memengaruhi tentunya. Karena saat itu saya bingung mengenai kejelasan berita dan terutama saat mau membeli produk daya tahan tubuh yang rutin dikonsumsi karena gak boleh dijual saat mendatangi apotek langganan,” kata Caca Tengker.

Menurut Caca Tengker, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan dalam memilih dan membeli obat sirop yang aman untuk si kecil.

“Biasanya saya memilih produk yang sudah memiliki sertifikat fitofarmaka dan juga teruji klinis menjaga sistem imun. Saya merasa aman jika produk sudah memiliki sertifikat fitofarmaka karena berarti produk sudah teruji klinis pada manusia,” terang Caca.

Lebih lanjut, Caca Tengker mengingatkan para Moms, sebelum membeli obat sirop perlu membekali diri dengan banyak informasi.

“Saya harus mengenali dengan baik sirop obat yang saya beli, maka saya rajin browsing di situs-situs pemerintah terpercaya untuk mendapatkan update informasi terbaru sekaligus memastikan produk yang biasa saya konsumsi sudah dinyatakan aman," jelas Caca.

"Misalnya saat saya membeli imunomodulator Stimuno. Saya harus memastikan Stimuno ini terpercaya. Dan ini ada buktinya, karena Stimuno sebagai satu satunya produk imunomodulator yang sudah bersertifikat Fitofarmaka yang teruji klinis pada manusia, menggunakan bahan herbal yaitu ekstrak meniran, aman dikonsumsi dalam jangka panjang, dan yang paling penting sudah dinyatakan aman untuk dikonsumsi oleh BPOM," pungkas Caca.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita