Menu

Berencana Menjalani Diet Keto? Yuk, Kenali Dulu Efek Sampingnya!

11 Januari 2021 11:30 WIB

Mengukur lingkar perut. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Diet keto adalah metode diet yang dilakukan dengan cara membatasi konsumsi karbohidrat dan menggantinya dengan protein dan lemak. Saat menjalani diet ini, asupan karbohidrat yang dikonsumsi oleh tubuh harus kurang dari sekitar 5-10 persen dari total asupan kalori setiap harinya. 

Selain membantu menurunkan berat badan, diet keto juga terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh lho beauty, seperti menurunkan kadar kolesterol hingga menjaga suasana hati penderita bipolar. 

Tapi perlu diketahui, karena pola makan yang berubah, maka tubuh akan melalui proses adaptasi yang nantinya akan menimbulkan beberapa efek samping. Melansir dari alodokter.com (11/01/2021), berikut ini adalah beberapa efek samping yang akan kamu alami saat menjalankan program diet keto. Simak informasinya dengan baik ya! 

Menyerupai gejala flu 

Bagi kamu yang baru saja memulai program diet keto, tentunya tubuh perlu beradaptasi terlebih dahulu. Biasanya, akan timbul gejala yang menyerupai penyakit flu seperti sakit kepala dan kelelahan. Bahkan ada pula sebagian orang yang mengalami mual, lemas, dan sulit tidur. 

Bau mulut 

Efek samping yang satu ini adalah hal yang paling sering dialami. Bau mulut disebabkan oleh zat aseton. Zat tersebut dihasilkan sebagai produk sampingan dari metabolisme lemak. 

Gangguan pencernaan 

Pola makan yang berubah tentu saja akan mempengaruhi sistem pencernaan kamu. Masalah pecernaan yang kerap dialami oleh seseorang saat menjalani diet keto adalah terjadinya sembelit, hal itu karena asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh kurang tercukupi. 

Nah, itu dia 3 efek samping yang biasa dialami saat menjalani diet keto. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bagian ahli gizi ya beauty

Artikel Pilihan