Menu

Diet Karbohidrat Nggak Makan Nasi Sama Sekali? Ini Faktanya

11 Januari 2021 11:40 WIB

Mengukur lingkar perut. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Kalau kamu mengartikan diet karbohidrat dengan tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, maka kamu salah besar. Diet karbohidrat tetap mengharuskan kamu mengonsumsi sumber makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat, namun dengan porsi yang lebih sedikit. Istilahnya juga dapat disebut sebagai diet rendah karbohidrat (a low-carb diet).

Dilansir dari berbagai sumber, karbohidrat banyak terdapat pada biji-bijian, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan susu. Karbohidrat ini disebut juga karbohidrat kompleks. Selain itu, ada pula karbohidrat rafinasi atau karbohidrat sederhana pada tepung terigu atau gula, yang digunakan dalam makanan olahan. Misalnya nasi putih, roti, pasta, kue, permen, minuman soda, atau minuman manis lainnya.

Karbohidrat digunakan tubuh sebagai sumber energi utama. Setelah dikonsumsi, karbohidrat akan dipecah menjadi gula dan diserap darah sebagai glukosa atau gula darah. Kemudian, tubuh akan mengeluarkan insulin, sehingga glukosa dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Glukosa yang tidak terpakai lalu disimpan di dalam hati, otot, atau sel lain yang juga bisa diubah menjadi lemak.

Nah, untuk menghindari glukosa berlebih yang membuatnya menjadi lemak, maka diet karbohidrat ini muncul sebagai solusinya. Pada kondisi normal, asupan karbohidrat yang disarankan lebih dari setengah total kalori. Jika asupan 2.000 kalori per hari, maka porsi karbohidrat sekitar 900-1300 atau sebanyak 225-325 gram.

Lalu, berapa jumlah karbohidrat pada diet karbohidrat? Umumnya, karbohidrat dibatasi 60-130 gram yang mengandung 240-520 kalori. Asupan karbohidrat kurang dari 60 gram per hari, sudah tergolong sangat rendah.

Jika mengonsumsi makanan dalam kemasan, maka untuk mengetahui jumlah karbohidrat bisa dilakukan dengan membaca label makanan. Selain itu, kamu dapat memperkirakan jumlah karbohidrat pada jenis makanan lain dengan mengetahui terlebih dahulu jenis makanan dan porsi karbohidrat di dalamnya.