Menu

Aneh tapi Nyata! Ternyata Bayi Bisa Menangis di Dalam Kandungan Lho

13 Januari 2021 17:45 WIB

Ilustrasi janin (Halodoc)

HerStory, Purwokerto —

­Moms, sekarang perkembangan teknologi udah semakin canggih untuk melihat suatu fenomena. Karena kecanggihan teknologi, akhir-akhir ini ilmuwan menemukan fenomena menarik. Moms tau enggak sih kalo ternyata bayi bisa menangis di dalam kandungan juga lho! Fenomena yang aneh tapi nyata ini pernah diteliti oleh Archives of Disease in Childhood. Penelitian ini menggunakan alat kerja ultrasonografi (USG) untuk mengamati respon janin pada masa trimester ketiga atau usia kandungan 20-28 minggu.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ternyata bayi di dalam kandungan merespon suara yang dimainkan dari perut ibunya. Enggak cuma itu Beauty, janin juga merespon suara itu dengan cara memutar kepalanya, mengencangkan dada, dan juga menghembuskan napas secara cepat dan tidak beraturan. Respon lainnya seperti tangisan juga ikut terekam dalam alat tertentu lho!

Tapi, Moms jangan membayangkan tangisannya sama seperti ketika bayi lahir ya. Pada saat di dalam kandungan, janin menggunakan tangisan non-vokal yang enggak bisa terdengar hingga ke luar kandungan. Frekuensi yang sangat kecil ini yang membuat tangisan bayi ini enggak bisa kita dengarkan. Jadi jangan membayangkan bayi menangis seperti pada umumnya ya.

Buat Moms yang sedang hamil, jangan khawatir ya karena janin yang menangis enggak menandakan kondisi tertentu seperti terkejut, kesakitan, atau ada suara yang cukup keras. Justru Moms harus senang kalau tangisan si kecil bisa terkam. Kalau si kecil bisa menangis di dalam kandungan artinya ia tumbuh sebagai janin yang sehat dan normal. Buat Moms yang penasaran, Moms bisa membuktikannya lewat periksa USG di dokter tertentu. Pastikan alat yang dipakai bisa merekam suara si kecil ya Moms