Menu

Berolahraga Saat Menstruasi Ternyata Bisa Bantu Hilangkan Nyeri Lho Beauty! Ini Daftar Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan

18 Januari 2021 13:20 WIB

Wanita sedang berolahraga. (Unsplash/Christopher Campbell)

HerStory, Bandung —

Selama menstruasi, mungkin kamu akan lebih memilih untuk berbaring dan nggak melakukan apa pun. Namun, seperti dikutip dari Boldsky (18/02/2021) para ahli justru menyarankan wanita yang sedang menstruasi untuk tetap berolahraga.

Para ahli menyebut kalau olahraga selama menstruasi bisa meringankan gejala menstruasi seperti nyeri, kram, perubahan mood, dan mual. 

Berolahraga selama menstruasi juga bermanfaat untuk mengatur kadar hormon. Saat kamu berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin, yang berperan sebagai pereda nyeri alami. Tetapi jika kamu sedang dalam kondisi deras-derasnya dan gejala yang dialami cukup parah, jangan memaksakan diri, ya Beauty.

Nah untuk kamu yang ingin mencoba untuk berolahraga saat menstruasi, melansir dari berbagai sumber ini sederet olahraga yang bisa kamu lakukan. 

1. Jalan cepat

Olahraga yang paling direkomendasikan untuk meredakan kram adalah latihan kardio intensitas rendah yang menggerakkan otot dan meningkatkan detak jantung. Contoh terbaik dari hal ini adalah berjalan-jalan cepat di sekitar lingkungan setidaknya selama 30 menit.

2. Lari

Pastikan kamu nggak memaksakan diri dan tetap menyadari batasan kamu dan minum banyak air sebelum berolahraga, ya. Lari berguna untuk memompa darah dan akan meningkatkan metabolisme secara instan. l

3. Berenang

Berenang saat menstruasi sangat mungkin dilakukan jika menggunakan tampon atau menstrual cup. Kamu bisa berenang dengan gaya punggung supaya tidak terlalu berat. Berenang juga bisa meningkatkan aliran darah dan energi dalam tubuhmu.

4. Yoga

Salah satu olahraga paling efektif saat menstruasi adalah yoga. Fokuslah pada peregangan yang menargetkan perut untuk meredakan kram. Latihan pernapasan dan relaksasi juga bisa menghilangkan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah.

5. Plank

Plank dilakukan dengan posisi berbaring di lantai lurus dengan lengan dan siku di bawah dada. Angkat beban badanmu menggunakan jari-jari kaki dan lengan bawah serta tahan posisinya. Ulangi latihan ini secara berkala. Olahraga ini adalah cara yang bagus untuk melatih seluruh tubuh secara intensif selama menstruasi.

6. Latihan perut

Kamu bisa memilih untuk melakukan latihan yang berfokus pada penguatan perut. Kamu mungkin berpikir itu akan menjadi kontraproduktif, mengingat mungkin sedang mengalami kram. Tapi ini adalah cara terbaik untuk mengendurkan otot perut, yang akan meredakan kram saat menstruasi.

7. Angkat beban

Mengangkat beban membangun massa otot yang meningkatkan metabolisme dan tingkat pembakaran kalori yang lebih tinggi. Pastikan kamu memilih bobot yang lebih ringan dan fokus pada repetisi yang lebih kecil.

8. Menari

Menari adalah pilihan yang bagus untuk berolahraga selama menstruasi dan membakar kalori. Pasang lagu favorit dan menarilah. Kamu pasti akan berkeringat tanpa membuat diri bekerja terlalu keras.