Menu

Makan Tauge Bisa Bikin Tambah Subur? Ini Faktanya

20 Januari 2021 14:45 WIB

Tauge (Freepik)

HerStory, Purwokerto —

Moms pasti udah enggak asing sama tauge. Sayuran yang satu ini gampang banget kita temui di hidangan. Tapi Moms pasti udah enggak asing lagi dengan salah satu mitos yang mengatakan kalau kecambah bisa menambah kesuburan. Bahkan beberapa pasangan yang sedang program hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ini. Tapi, benar enggak sih tauge bisa menambah kesuburan? Apalagi untuk kesuburan wanita. Biasanya tauge dianjurkan agar lebih banyak dimakan oleh pria.

Sebagai salah satu jenis sayuran, tauge punya berbagai macam vitamin seperti protein, kalsium, dan berbagai vitamin serta mineral lainnya. Tauge punya kadar lemak yang rendah dan juga enggak bikin kolesterol. Tauge juga berguna banget buat Beauty yang sedang diet karena sangat rendah kalori. Selain itu, anggapan bahwa tauge bisa meningkatkan kesuburan ternyata memang terbukti lho. Kandungan vitamin E dapat melindungi sel-sel dari radikal bebas, termasuk sel telur dan sperma.

Tauge juga mampu mencegah kerusakan dan mampu menjaganya hingga terjadi pembuahan. Tapi, kalau pasangan Moms mengalami gangguan pada testis, manfaat tauge ini enggak akan bisa dirasakan maksimal. Sayuran ini akan bekerja secara maksimal kalau Moms atau pasangan enggak mengalami gangguan pada sistem reproduksi. Selain meningkatkan kesuburan, tauge ternyata bisa mencegah gangguan menstruasi dan menopause lho. 

Nah sekarang Moms udah tahu kan ternyata tauge punya banyak manfaat. Tapi, ada beberapa hal yang perlu dipastikan saat mengolahnya ya Moms. Sayuran yang ada di pasaran bisa jadi sudah terkontaminasi dengan berbagai bakteri. Karena itu, Moms harus selektif dalam memilihnya. Moms bisa memilih tauge yang punya bau segar dan jangan lupa untuk mencucinya sebelum dimasak. Hidari konsumsi tauge mentah juga ya. Sayuran ini enggak boleh dimakan mentah kalau Moms sedang dalam kondisi hamil atau sakit.