Menu

Tips Aman Memilih Sereal untuk Si Kecil, Jangan Keliru Lagi Ya Moms!

22 Januari 2021 09:00 WIB

Ilustrasi anak sedang makan sereal (Freepik/Freepik)

HerStory, Bogor —

Siapa nih yang buah hatinya gemar sekali sarapan sereal? Rasanya yang enak dan manis, menjadi alasan si kecil untuk menyukainya. Tak hanya itu, cara membuatnya yang praktis pun menjadi alasan para moms untuk menyuguhkan sereal sebagai menu sarapan. 

Moms, tapi tahu nggak sih kalau sereal tak selalu baik buat si kecil? Cukup banyak sereal yang mengklaim bahwa produknya dapat menunjang kesehatan dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak, tapi tak sedikit juga produk sereal yang menggunakan bahan penyedap, zat pewarna, dan kandungan gula yang tinggi. 

Apabila kamu memberikan produk sereal tersebut dalam kurun waktu yang lama, tentu saja hal itu dapat meningkatkan risiko anak terkena obesitas atau diabetes pada usia muda. Tapi tenang, jika moms tetap ingin memberi si kecil sarapan sereal, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dahulu sebelumnya. Kira-kira hal apa saja ya itu? Yuk, simak informasi berikut ini! 

Cermati kandungan bahan sereal 

Mencermati kandungan yang terdapat di dalam sereal adalah langkah awal yang sangat penting untuk dilakukan. Sereal yang terbuat dari bahan gandum, beras merah, serta jagung bisa dikatakan baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

Perhatikan porsi kalori dan serat

Moms, sebaiknya pilih sereal yang memiliki kandungan 200 kalori atau kurang dari angka tersebut ya. Selain itu, pilih juga sereal yang memiliki kandungan serat setidaknya 5 gram dari porsi penyajian. Hal itu penting untuk dilakukan, karena serat memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan juga diabetes. 

Perhatikan kandungan gula

Sering kali produk sereal mengandung takaran gula yang tinggi, tentu saja hal itu tak baik untuk kesehatan si kecil. Oleh karena itu, sebaiknya pilih sereal yang rendah gula atau hanya mengandung paling banyak 10 gram gula di setiap porsinya. 

Perhatikan takaran konsumsi 

Tak hanya teliti dalam memeriksa kandungan, tetapi moms juga harus memperhatikan porsi yang diberikan ya. Jangan sampai kamu menyajikan porsi yang berlebihan, karena hal itu bisa berdampak buruk bagi tubuhnya. 

Nah, itu dia 4 hal yang harus kamu perhatikan sebelum memberikan sereal sebagai menu sarapan si kecil. Jangan sampai keliru lagi ya moms! 

Artikel Pilihan