Menu

Salah Satu Gejala Kehamilan Ini Suka Bikin Malu, Gini Cara Mengatasinya

25 Januari 2021 08:50 WIB

Ilustrasi ibu hamil yang sedang stres. (Pinterest/bbc.com)

HerStory, Bandung —

Moms pastinya udah nggak asing lagi dengan tanda-tanda kehamilan. Tapi untuk yang satu ini, bisa bikin Moms malu kalau sedang bersama orang lain dan Moms tidak bisa mengontrolnya. Biasanya, tanda-tanda ini muncul di minggu kedua kehamilan.

Tanda kehamilan ini adalah kentut. Kalau lagi sendiri dan sering kentut sih nggak apa-apa ya? Nah gimana kalau Moms nggak bisa menahannya ketika bersama banyak orang?

Melansir dari berbagai sumber (25/01/2021), hampir semua ibu hamil mengaku kalau mereka lebih sering kentut selama masa kehamilan.

Frekuensi kentut yang lebih sering ini dikarenakan hormon yang masih labil ketika hamil. Perubahan hormon inilah yang membuat kerja sistem pencernaan semakin lambat.

Sayangnya, kondisi ini nggak bisa dikontrol, Moms

Kalau kita tidak sedang hamil, kita masih bisa ya menahan kentut biar nggak terdengar terlalu keras. Namun, kalau kita hamil, kita sudah benar-benar nggak bisa mengontrolnya.

Walaupun kita nggak bisa mengontrol saat ingin kentut, Moms bisa menguranginya dengan cara melakukan olahraga ringan dan juga mengatur pola makan, Moms.

Olahraga ringan ini berfungsi untuk memperlancar kerja sistem pencernaan, yang membuat makanan bisa dicerna dengan lebih cepat. Semakin cepat makanan dicerna, semakin sedikit gas yang diproduksi.

Kurangi konsumsi makanan-yang banyak mengandung gas seperti buncis, kol, atau brokoli. Pilih jenis sayuran lain sebagai pengganti. Dengan begitu, gangguan kentut dapat diminimalisir. 

Hindari minuman berkarbonat seperti air soda, minuman ringan bersoda, atau jus bersoda. Semua itu dapat memicu gangguan pencernaan, sekaligus menambah gas di perut yang dapat menimbulkan gangguan sering kentut.

Artikel Pilihan