Menu

Wow! Ternyata Faktor Ini Sangat Mempengaruhi Tinggi Badan Si Kecil Lho Moms

25 Januari 2021 09:15 WIB

Ilustrasi mengukur tinggi badan. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Memiliki tinggi badan yang ideal tentu menjadi keinginan setiap orang. Bahkan, para orang tua pun mengharapkan agar buah hati mereka dapat tumbuh dan berkembang serta memiliki berat dan tinggi badan yang ideal. 

Akan tetapi, tentu saja ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi tinggi badan si kecil di masa pertumbuhannya. Melansir dari berbagai sumber (25/01/2021), berikut ini adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi tinggi badan pada anak, simak informasinya dengan baik ya moms! 

Faktor genetik 

Faktor utama yang sangat menentukan tinggi badan pada anak adalah faktor genetik orang tua. Sebuah penelitian menyatakan bahwa faktor genetik memberikan pengaruh sebesar 60 hingga 80 persen pada tinggi badan anak. 

Faktor nutrisi 

Nutrisi yang didapat anak baik dari makanan ataupun minuman tentu dapat mempengaruhi tinggi badan anak. Bahkan, peran penting dari nutrisi untuk perkembangan si kecil sudah diperlukan semenjak ia masih berada di dalam kandungan. Oleh sebab itu, katika sedang hamil pastikan kamu selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi ya moms. 

Faktor hormon

Siapa sangka, hormon yang terdapat di dalam tubuh pun memiliki peran yang penting untuk menstimulasi terbentuknya tulang baru. Beberapa hormon penentu tinggi badan tersebut di antaranya adalah hormon pertumbuhan, hormon tiroid, dan juga hormon seks. 

Jenis kelamin

Sudah bukan hal aneh lagi jika kebanyakan pria memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dari wanita. Faktanya, janis kelamin memang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi badan pada anak. Akan tetapi, faktor genetik tetap menjadi faktor utama yang menjadi penentu tinggi badan seseorang. 

Nah, itu dia 4 faktor yang dapat mempengaruhi tinggi badan pada anak. Jangan lupa untuk selalu memastikan si kecil mengkonsumsi makanan yang bergizi ya moms.