Menu

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh, dari Mengurangi Sakit Maag sampai Mengatasi Radang Tenggorokan

25 Januari 2021 10:30 WIB

Ilustrasi cengkeh (Freepik/KamranAydinov)

HerStory, Bogor —

Di tengah kondisi pandemik Covid-19 saat ini menjaga kondisi tubuh tetap sehat tentu menjadi hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang mencoba berbagai cara untuk mendapatkan hal tersebut. 

Tak hanya dengan obat-obatan, ternyata cukup banyak lho rempah-rempah khas Nusantara yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah cengkeh. Selain untuk memperlezat rasa pada masakan, cengkeh memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja manfaat dari rempah yang satu ini? Yuk, simak informasi berikut ini. 

Mengurangi sakit maag 

Maag adalah luka yang terbentuk di lapisan lambung, duodenum, atau kerongkongan. Kondisi tersebut sering disebabkan oleh terkikisnya lapisan pelindung lambung yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, infeksi, ataupun faktor turunan. Salah satu penelitian menyatakan bahwa ekstrak cengkeh dapat membantu mengobati sakit maag. Bahkan, cengkeh dapat menunjukkan efek yang mirip dengan beberapa obat maag yang beredar di pasaran. 

Membunuh bakteri berbahaya 

Cengkeh telah terbukti memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri. Kandungan minyak astiri yang terdapat di dalam cengkeh diketahui mampu membunuh tiga jenis bakteri umum, salah satunya adalah bakteri E.Coli. 

Mengatasi batuk berdahak 

Batuk berdahak disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada paru-paru sehingga menyebabkan organ tersebut memproduksi lendir atau dahak secaa berlebihan. Senyawa eugenol yang terdapat di dalam cengkeh memiliki peran sebagai ekspektoran yang bisa membantu mengeluarkan lendir pada penderita batuk berdahak. 

Mengatasi radang tenggorokan 

Efek antibakteri dan juga antiradang yang terkandung di dalam cengkeh dapat membantu mengurangi nyeri pada tenggorokan. Tak hanya itu, cengkeh juga dapat mengatasi sensasi gatal saat radang tenggorokan menyerang. 

Nah, itu dia 4 manfaat cengkeh untuk kesehatan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pastikan kamu juga menjaga pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan bergizi serta olahraga secara teratur.