Menu

Sepele, Tanda-tanda Kehamilan Ini Seringkali Nggak Disadari oleh Banyak Wanita

25 Januari 2021 13:10 WIB

Ilustrasi wanita positif hamil. (Pinterest/mombloglife.com)

HerStory, Bandung —

Mual, pusing, atau terlambat haid memang sering menjadi gejala bahwa wanita tengah berbadan dua. Padahal, ada pula beberapa tanda kehamilan yang sering tidak disadari para kaum hawa.

Dilansir dari berbagai sumber (25/01/2021), berikut adalah tanda-tanda kehamilan yang dianggap remeh dan kerap tidak disadari oleh para wanita atau orang di sekitarnya.

1. Sering ngompol saat bersin atau tertawa

Penyebab dari kondisi ini karena ada bayi di rahimmu dan letaknya dekat dengan kandung kemih. Sehingga, kandung kemih yang berisi urin itu tertekan oleh si janin. Makanya, ibu hamil biasanya sangat sulit untuk menahan kencing.

2. Kembung, kram perut, dan sering kentut

Keadaan ini disebabkan karena saat hamil, kerja usus memang lebih lambat. Secara teoritis, untuk mengatasi sembelit yang sering dirasakan, gas di dalam lambung yang menyebabkan kembung juga harus dikurangi.

3. Hidung seperti tersumbat tapi tidak sakit

Mungkin kamu  merasa seperti pilek terus menerus dan sering meniupkan hidung seakan-akan ada sesuatu di dalam hidung. Hal ini bisa jadi gejala kehamilan karena peningkatan hormon dan produksi darah menyebabkan selaput lendir membengkak, kering, bahkan berdarah.

4. Kuping berdenging

Hal ini bisa terjadi karena membengkaknya membran mukosa karena saat hidung tersumbat, Anda terpaksa bernapas melalui mulut dan mendengkur. Untuk mencegah hidung tersumbat, gunakan tetes hidung sebelum tidur jika perlu.

5. Berkeringat

Metabolisme berlebih saat mengandung dan tambahan darah yang dipompa melalui tubuh bisa menghangatkan kulit. Nah berkeringat adalah cara tubuh menjaga agar tetap dingin. 

6. Kelebihan air liur

Beberapa wanita hamil bisa menghasilkan air liur tiga sampai empat liter sehari. Gusi berdarah juga umum terjadi terutama setelah menyikat gigi. Bahkan ada benjolan pada gusi yang disebut tumor kehamilan, tapi itu tidak bahaya dan akan hilang setelah melahirkan. Penyebab gusi berdarah yaitu perubahan hormon tapi tak ada sebab pasti mengapa produksi air liur bisa berlebih.

7. Bintik gelap di kulit

Jika di perut ada garis gelap, bintik hitam di wajah, atau varises di lengan, dada, leher, wajah bahkan di ketiak, leher, dan payudara, itu bisa jadi gejala kehamilan. Penyebabnya, tubuh memproduksi melanin ekstra yang menyebabkan bintik gelap.

Varises timbul karena produksi darah meningkat. Bintik hitam dan varises biasanya hilang setelah melahirkan meski tidak semuanya.