Menu

Perut Kembung Saat Hamil, Berbahaya Nggak Ya?

25 Januari 2021 14:05 WIB

Ilustrasi ibu hamil yang sedang stres. (Pinterest/bbc.com)

HerStory, Bandung —

Semakin meningkatnya usia kandungan, wanita hamil sering kali merasa kembung. Perut kembung saat hamil merupakan kondisi yang biasa terjadi. Namun jika kondisi tersebut terjadi secara terus menerus, maka bisa sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Siapa pun, termasuk bayi yang baru berusia beberapa bulan bisa mengalami perut kembung. Dilansir dari berbagai sumber (25/01/2021), perut kembung saat hamil terjadi karena gas tersebut akan menjadi lebih banyak dan akan terus meningkat seiring bertambahnya usia kandungan.

Pada proses kehamilan, tubuh memproduksi hormon progesteron yang lebih tinggi. Progesteron adalah hormon yang merelaksasi otot polos pada tubuh, termasuk otot polos pada sistem pencernaan.

Relaksasi yang terjadi tersebut memperlambat proses pencernaan sehingga dapat menyebabkan perut kembung, sendawa, penuh gas dan lebih sering buang angin, terutama bila setelah makan besar.

Selain itu, perut kembung saat hamil juga disebabkan oleh bayi di dalam perut yang semakin berkembang dan menekan perut Anda. Hal ini juga dapat membuat proses pencernaan melambat.

Hal pertama yang harus Moms lakukan ketika mengalami perut kembung adalah menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya gas. 

Selain itu, makanan yang berlemak perlu Moms hindari karena dapat menyebabkan proses pencernaan  menjadi lebih lambat sehingga dapat memicu timbulnya perut kembung saat hamil.

Susu atau produk olahan susu juga dapat memicu timbulnya gas jika orang tersebut memiliki intoleransi laktosa atau protein susu. Bagi wanita hamil yang membutuhkan lebih banyak kalsium, dapat mengatasi intoleransi susu dengan cara mengonsumsi susu yang bebas laktosa atau susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium.