Menu

Sering Alami Hidung Tersumbat dan Sakit Kepala? Hindari Makanan Ini Ya!

27 Januari 2021 11:45 WIB

Dua orang laki-laki dan perempuan yang terserang Influenza (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Kamu sering mengalami hidung tersumbat dan sakit kepala terus-menerus? Hati-hati, ya! Ini bisa mengindikasikan kalu kamu menderita penyakit sinusitis. Biasanya, penyakit sinus ini lebih mudah menyerang orang-orang yang alergi dingin.

Dilansir dari Boldsky (27/01/2021), infeksi sinus disebabkan oleh virus. Gejala infeksi sinus yang umumnya terjadi adalah hidung tersumbat, sakit kepala, sakit di sekitar daerah mata dan rahang atas, demam, serta lendir berwarna kekuningan dan berbau. Gejalanya memang sangat mirip dengan gejala flu biasa.

Untuk mengatasi infeksi sinus, Kamu perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa dilakukan dari membiasakan diri hidup sehat dan makan makanan yang sehat. Namun, jika infeksi telah menyerang maka cara terbaik adalah mengambil tindakan pengobatan.

Nah, salah satu cara untuk mengobati sinus adalah dengan menghindari bahan makanan tertentu yang bisa menyebabkan gejala sinus. Apa aja? Berikut bahan-bahan makanan yang harus kamu hindari.

1. Minuman berkafein

Minuman ini menyebabkan dehidrasi dan sangat berpengaruh buruk bagi hidung tersumbat. Hidung pun akan makin dipenuhi dengan lendir sehingga saat bernapas pun terganggu.

2. Minuman dingin/es

Minuman ini tidak langsung mempengaruhi intensitas infeksi sinus tetapi bisa menyebabkan nyeri di tulang pipi dan kepala. Jika ini terjadi kamu pasti nggak akan merasa nyaman. Lendir dalam hidung pun akan semakin menebal.

3. Bahan makanan berbahan dasar susu

Susu bisa memicu timbulnya dahak pada tenggorokan. Sebaiknya konsumsi susu dikurangi terutama bagi kamu yang menderita sinus.

4. Alkohol

Seperti minuman kafein lainnya, alkohol juga cenderung membuat lendir menjadi tebal dan memperburuk infeksi sinus. Cairan dalam tubuh pun akan berkurang padahal cairan ini agar lendir dalam tidak tersumbat.

5. Makanan pedas

Bagi sebagian orang, mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan pilek dan membuat infeksi sinus makin memburuk.