Menu

Waduh! 7 Makanan Diet Ini Ternyata Malah Bikin Gemuk

27 Januari 2021 12:45 WIB

Seorang wanita yang sedang memakan Sandwich (Unsplash/Gardie Design)

HerStory, Bandung —

Kalau kamu lagi diet, pasti kamu mengurangi porsi makan dan mengonsumsi makanan sehat kan? Tapi tahu nggak kalau ternyata nggak semua makanan diet itu bisa menurunkan berat badan lho!

Dikutip dari Boldsky (27/01/2021), beberapa makanan malah berpotensi bikin kamu tambah gemuk. Apa aja? Ini dia daftar tujuh makanan sehat yang ternyata malah bikin kamu jadi gendut.

1. Minuman diet

Meskipun tercantum kata "diet" dalam label minuman kemasan, ini bukan berarti kamu harus mempercayainya. Beberapa minuman diet dengan keterangan "bebas gula (sugar free)" atau "nol kalori (zero calorie)" menambahkan pemanis buatan yang mengandung aspartame. Kandungan inilah yang membuat lemak kamu bertambah jika dikonsumsi berlebihan.

2. Yoghurt

Yoghurt memang baik untuk kesehatan pencernaan, karena mengandung bakteri baik dan kalsium. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi semangkuk kecil yoghurt setiap hari.

Namun, dibalik itu yoghurt mengandung lebih banyak kalori dan lemak. terutama, yogurt dengan berbagai pilihan rasa.

3. Alpukat

Alpukat sangat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan serat. Ini yang membuat alpukat memiliki kontribusi yang besar bagi kesehatan.

Tetapi, hati-hati alpukat juga mampu membuat kamu mendapatkan berat badan. Ini karena kandungan tinggi lemak dan kalori dalam alpukat. Satu buah alpukat mengandung sekitar 350 kalori.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu pilihan camilan sehat pernah. Mereka kaya akan protein, serat, vitamin, mineral dan asam lemak omega-3.

Tetapi, dibalik itu kacang-kacangan juga kaya akan kalori. Cobalah untuk mengatur kembali porsi asupan kacang-kacangan dalam menu diet kamu. Sebuah kacang kuartal almond mengandung sekitar 132 kalori.

5. Jus buah

Mungkin kamu sudah mendengar bahwa jus buah juga baik untuk kesehatan. Tetapi, tidak semua jus buah itu baik buat diet kamu, lo! Terutama jus buah yang kamu dapatkan bentuk kemasan. Jus buah kemasan sarat dengan gula, dan tentu saja pengawet kimia. Jus buah kemasan berkontribusi untuk kenaikan berat badan kamu.

6.Buah kering

Buah-buahan yang dikeringkan seperti aprikot, kismis, plum, dan lainnya, mengandung banyak gula. Nggak bisa dipungkiri kalau buah tersebut kaya serat dan nutrisi, tapi secara bersamaan buah-buahan kering sarat dengan kalori.

Buah kering mengandung 8 kali gula dan kalori lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan segar. Secangkir kismis kering mengandung sekitar 460 kalori, sedangkan secangkir anggur hanya mengandung sekitar 60 kalori.

7. Bran Muffin

Bran adalah dedak atau kulit ari biji-bijian seperti padi, gandum, jagung, aot dan lainnya. Bran muffin kaya akan kandungan serat, tetapi pada saat yang sama mereka juga sarat dengan kelebihan gula, mentega, dan perasa buatan. Sepotong bran muffin mengandung sekitar 420 kalori.