Menu

Perhatikan 3 Label Berikut Sebelum Beli Sunscreen! Wajib Pakai yang Ada Tanda Ini Ya

21 Mei 2023 16:50 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang mengoleskan sunscreen saat berjemur di bawah matahari. (Pixabay/skeeze)

HerStory, Jakarta —

Sunscreen atau tabir surya merupakan produk wajib yang harus kamu gunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, Beauty. Kini ada banyak jenis sunscreen yang dapat kamu pilih, mulai dari krim, gel, hingga spray yang bisa langsung disemprot ke kulit.

Penggunaan sunscreen bukan hanya untuk menjaga kecantikan kulit melainkan juga pelindung dari ancaman penyakit, seperti kanker kulit. Paslanya, radiasi sinar UV bisa menyebabkan kerusakan DNA yang secara perlahan bisa memicu kanker. Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang berbahaya dan dapat meningkat resiko bahayanya seiring dengan pertambahan usia seseorang.

Oleh karena itu, kamu gak boleh melewatkan penggunaan sunscreen, Beauty. Bahkan, ketika berada di ruangan kamu tetap dianjurkan untuk menggunakannya.

Kandungan zat aktif dalam sunscreen memiliki peran masing-masing dalam menjaga dan melindungi kulit kamu, maka dari itu kamu perlu mengetahui apa saja yang harus terpenuhi dalam satu produk sunscreen supaya kulitmu mendapatkan perlindungan yang optimal.

Nah, sebelum memilih sunscreen, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Hal penting ini dapat kamu temukan dalam label yang ada pada sunscreen, Beauty.

Yuk, cari tahu selengkapnya dalam artikel berikut ini!

1. Label Kandungan SPF & PA

SPF dan PA merupakan salah satu kandungan wajib yang harus ada dalam produk tabir surya ini. Sun Protection Factor (SPF) dan Protection UVA (PA) adalah kandungan yang berperan untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UVA.

Tingkat SPF menunjukkan seberapa tinggi proteksi dalam melindungi kulit. Semakin tinggi tingkat SPF maka semakin tinggi pula level proteksi yang diberikan. Namun, dalam pemilihan sunscreen kamu tidak harus menggunakan tingkat SPF yang sangat tinggi, itu semua harus dipertimbangkan dengan jenis kulit serta aktivitas yang dilakukan.

Dilansir dari penelitian Minerva (2019), tingkat SPF yang sering dimanfaatkan dalam produk-produk skincare adalah sebesar SPF 15, SPF 30, dan SPF 50. Idealnya gunakan tabir surya spektrum luas yang mampu melindungi dari UV A dan UV B dengan nilai SPF diatas 15.

PA adalah bentuk penilaian yang dikembangkan di Negara Jepang untuk mengukur tingkat kemampuan sunscreen dalam menghindari kulit dari risiko sinar UVA. Terdapat beberapa jenis tingkat PA yaitu, PA+ yang memberikan sedikit perlindungan, PA++ yang memberikan perlindungan dengan cukup, PA+++ yang memberikan perlindungan tinggi, dan PA++++ yang memberikan perlindungan sangat tinggi.

2. Memiliki Label “Broad Spectrum"

Dilansir dari  laman superyou.com, sunscreen pada umumnya hanya melindungi kulit dari sinar UVB atau sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker. Namun, pada faktanya sinar UVA juga berperan aktif dalam menyebabkan kanker kulit.

Maka dari itu, produk sunscreen yang memiliki label broad spectrum harus menjadi pertimbangan kamu agar produk sunscreen tersebut dapat melindungi kulitmu secara lebih optimal.

3. Label "Water Resistant"

Tidak semua sunscreen yang waterproof atau tidak tembus terhadap air. Maka cara memilih sunscreen yang tepat adalah melihat label “water resistant". Water resistant adalah proteksi tingkat rendah yang dapat menahan air namun tidak menjamin akan bertahan lama.

Maka dari itu kamu wajib mengaplikasikan kembali sunscreen kamu jika kamu berkeringat atau beraktivitas dengan air seperti berenang kira-kira 2 hingga 3 jam kembali.