Menu

Penting Untuk Mengonsumsi Vitamin Sesuai Dosis, Jika Berlebihan Efeknya...

02 Februari 2021 11:30 WIB

Makanan yang mengandung vitamin D. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Mengonsumsi vitamin sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Namun, pastikan kamu mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang dibutuhkan tubuh, ya!

Setidaknya ada dua jenis vitamin, yakni vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air. Vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan dalam jaringan lemak tubuh. Sementara vitamin yang larut dalam air tidak disimpan dalam tubuh untuk waktu lama, melainkan akan dikeluarkan melalui urin.

Ada beberapa jenis vitamin yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan pengaruh buruk bagi fungsi sejumlah organ tubuh. Dilansir dari Boldsky (02/02/2021), berikut adalah efek berbahaya jika mengonsumsi vitamin berlebihan.

Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, kalau dikonsumsi dengan berlebihan justru akan menimbulkan penyakit lain. Mual, diare, batu ginjal hingga kram perut merupakan efek samping mengkonsumsi vitamin C terlalu banyak.

Vitamin B

Vitamin B merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air, namun jika terlalu banyak mengkonsumsinya justru dapat memicu masalah saraf.

Vitamin A dan D

Kedua vitamin ini larut dalam lemak, jadi jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi justru akan membahayakan kesehatan. Tingginya kadar vitamin A dapat membuat seorang bayi terlahir dengan kondisi cacat.

Sementara konsumsi vitamin D hingga kini masih menjadi kontroversi, karena kadarnya nggak bisa ditentukan secara umum, tergantung pada kondisi masing-masing.

Vitamin E dan K

Terlalu banyak mengonsumsi vitamin E dapat meningkatkan risiko perdarahan. Sementara konsumsi vitamin K terlalu banyak justru dapat mengurangi proses obat pengencer darah.

Sebagai pengaruhnya, proses pembekuan darah akan terjadi secara abnormal. Orang yang sedang menjalankan program diet dan mengonsumsi kedua jenis vitamin ini justru dapat mengakibatkan penumpukan racun.

Artikel Pilihan