Menu

Tak Hanya Karena Perubahan Hormon, Ini Penyebab Ibu Hamil Alami Depresi

03 Februari 2021 15:00 WIB

Ilustrasi ibu hamil yang sedang stres. (Pinterest/bbc.com)

HerStory, Bogor —

Ketika dalam kondisi hamil, hormon dalam tubuh wanita akan mengalami perubahan. Hal tersebut tak jarang membuat mood para ibu hamil sangat cepat berubah-ubah. Bahkan, ada dari mereka yang mengalami stres hingga depresi di tengah masa kehamilannya. 

Namun perlu diketahui, perubahan hormon bukan satu-satunya penyebab stres pada ibu hamil. Ada beberapa hal lainnya yang dapat memicu rasa stres hingga menyebabkan depresi. Kira-kira hal apa saja ya itu? Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini! 

Perubahan gaya hidup 

Ibu hamil yang sebelumnya memiliki kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman keras, dan akrab dengan junk food, tentu saja harus meghentikan itu semua ketika sedang masa hamil. Perubahan gaya hidup yang drastis sangat rentan membuat sang ibu merasa stres. 

Kurang dukungan dari orang terdekat 

Adanya janin di dalam rahim seorang ibu tentu sebuah anugerah dan langkah terbesar dalam hidup para wanita. Oleh sebab itu, dukungan dari orang-orang terdekat seperti pasangan, keluarga, dan juga sahabat sangat penting untuk mengurangi risiko depresi pada ibu hamil. 

Tidur yang tak berkualitas 

Para ahli menyatakan bahwa kualitas tidur ibu hamil sangat membantu untuk memperbaiki gejala depresi. Oleh sebab itu, moms sangat dianjurkan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. 

Nah, itu dia 3 hal yang dapat menyebabkan depresi ketika hamil. Apabila kamu sudah merasakan beberapa gejala depresi dan kamu merasa terganggu, segera lakukan konsultasi dengan ahlinya ya moms!