Menu

Moms, Pipis Si Kecil Berbau Menyengat? Kenali Penyebabnya

04 Februari 2021 09:00 WIB

Ilustrasi bayi yang sedang ganti popok (Today's Parent/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Moms, apakah kamu pernah mendapati urine si kecil mengeluarkan bau yang menyengat? Tak sedikit orang tua yang akan mengalami panik bila buah hatinya mengalami hal itu. Memang hal tersebut wajar kok, karena pastinya moms merasa khawatir dan tak ingin terjadi sesuatu pada si kecil. 

Akan tetapi sebaiknya hadapi dengan tenang dan usahakan untuk nggak panik ya. Jika dihadapi dengan hal seperti itu, moms bisa segera mencari tahu kira-kira apa ya penyebab urine si kecil mengeluarkan bau menyengat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini HerStory telah merangkum beberapa kemungkinan penyebabnya. Simak informasinya dengan baik ya moms! 

Normal 

Moms, urine bayi yang mengeluarkan bau menyengat bisa menjadi hal normal apabila si kecil tampak sehat, ASI tercukupi, dan urine berwarna bening. Hal tersebut tak berbahaya dan wajar jika terjad ipada pagi hari. 

Infeksi saluran kemih 

Salah satu penelitian pada tahun 2012 menemukan bahwa terdapat orang tua yang berkonsultasi tentang urine bayi yang berbau menyengat dan hal itu berkaitan erat dengan infeksi saluran kemih (ISK). Perlu diketahui bahwa ISK pada bayi cukup sulit dideteksi. Namun, apabila urine si kecil mengeluarkan bau menyengat dan diiringi dengan demam serta muntah, segera konsultasikan dengan dokter ya moms. 

Bayi butuh ASI 

Urine yang menyengat bisa jadi tanda bahwa si kecil membutuhkan asupan ASI yang lebih banyak. Kurangnya ASI dapat membuat bayi mengalami dehidrasi sehingga urine mengeluarkan bau menyengat. Untuk mencegahnya, pastikan asupan ASI si kecil tercukupi ya moms. 

Nah, itu dia 3 hal yang menjadi kemungkinan penyebab pipis bayi mengeluarkan bau menyengat. Apabila kondisi tersebut terjadi secaa terus-menerus, segera lakukan konsultasi dengan dokter ya moms!