Menu

Beauty, Ini 5 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Yoga

04 Februari 2021 09:45 WIB

Siluet seorang wanita sedang melakukan Yoga. (unsplash/kike vega)

HerStory, Bandung —

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang banyak digemari. Selain membuat tubuh  lebih bugar, yoga juga dikenal dapat membuat tubuh rileks dan pikiran menjadi tenang.

Selain itu, ternyata yoga punya manfaat yang bagus untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Melansir dari Boldsky (04/02/2021), yoga diklaim menjadi obat paling alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Kalau kamu rutin melakukan yoga, kamu bisa sembuh dari penyakit kronis seperti asma dan rematik. Yoga juga bisa menormalkan gula darah sehingga mengontrol tubuh agar terhindar dari diabetes. Lalu penyakit apalagi ya yang bisa disembuhkan dengan yoga? 

Berikut adalah lima penyakit yang bisa disembuhkan dengan yoga.

1. Diabetes

Diabetes adalah salah satu masalah utama dunia karena merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Kamu nggak akan bisa benar-benar memulihkan resistensi insulin yang telah rusak, namun beberapa posisi yoga dapat membantu mengontrol level gula darah. Salah satu gerakan itu adalah triangle pose.

2. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi karena berbagai macam sebab. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan melakukan meditasi yoga, seperti pranayama, secara teratur.

3. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan bukan hanya merupakan penyakit. Kini ia telah menjadi semacam epidemi yang menyerang para pekerja. Untuk menyembuhkan gangguan ini, kamu bisa melakukan beberapa gerakan yoga seperti child pose atau wind relieving pose. Child pose berfungsi untuk meregangkan pinggul, paha depan, dan punggung.

4. Migrain

Sakit kepala sebelah atau migrain sering disebabkan karena tidak cukupnya aliran darah menuju otak. Untuk meredakannya, cobalah untuk melakukan sikap yoga seperti sirsasana, yakni berdiri dengan kepala secara sempurna. Cara itu lebih ampuh menyembuhkan migrain dibanding menenggak pil pereda sakit kepala.

5. Sakit pada punggung bagian bawah

Sakit pada punggung bagian bawah alias encok telah menjadi penyakit kronis bagi kalangan pekerja profesional. Beberapa orang bahkan rela menjalani operasi yang mahal untuk menyembuhkannya.

Padahal, gangguan itu bisa diredakan dengan melakukan tree pose atau tadasana. Pose tersebut berfungsi untuk merengangkan pinggul, paha bagian dalam, serta memperkuat kaki dan tulang belakang.