Menu

Duh! Sederet Pekerjaan Ini Berpotensi Memicu Penyakit Kanker, Pekerjaanmu Termasuk Nggak Nih?

04 Februari 2021 11:25 WIB

Ilustrasi workaholic (Vemme Daily/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang paling banyak ditakuti manusia. Selain mematikan, proses penyembuhannya pun terbilang lama, mahal, dan menyakitkan.

Tahukah kamu apa saja yang memicu kanker bersarang di tubuh kita? Dilansir dari Boldsky (04/02/2021), rutinitas pekerjaan dan gaya hidup setiap hari dapat memicu kanker. Ternyata, ada beberapa profesi atau pekerjaan yang lebih rentan dengan penyakit mematikan ini.

Apa saja pekerjaan itu? berikut adalah delapan profesi atau pekerjaan yang rentan terkena kanker. Semoga setelah mengetahuinya, kamu jadi lebih berhati-hati dan menjaga pola hidup sehat, ya!

1. Pekerja shift malam

Profesi ini rentan terkena risiko penyakit kanker. Bekerja di malam hari yang semestinya menjadi waktu tidur akan buruk bagi kesehatan. Pada wanita bisa saja terpapar kanker payudara, dan pada pria terkena kanker paru-paru.

2. Karyawan tetap

Seseorang dengan pekerjaan di depan meja tanpa ada aktivitas fisik lebih berisiko terkena kanker usus, endometrium, payudara atau kanker paru-paru.

3. Pilot dan pramugari

Para peneliti mengklaim bahwa pilot dan awak pesawat harus hati-hati dengan UV dan radiasi kosmik. Hal ini disebabkan mereka berada di ketinggian untuk waktu yang lama. Pekerjaan ini memicu penyakit kanker.

4. Sopir profesional

Badan Internasional Penelitian Kanker telah membuktikan bahwa asap diesel knalpot bersifat karsinogenik di alam. Oleh karena itu, sopir lebih rentan untuk menderita kanker paru-paru karena banyak menghirup gas selama berjam-jam.

5. Karyawan tambang

Para karyawan ini memiliki risiko lebih besar terkena ginjal dan kanker laring. Sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita yang berada dalam bidang ini memiliki risiko 75% lebih besar terkena kanker payudara.

Pekerjaan ini kontak langsung dengan logam beracun dan berbahaya bagi perut, otak atau kanker tiroid.

6. Pekerja industri plastik

Pekerja di industri ini rentan terhadap kanker hati atau liver, ginjal, dan kanker laring. Hal ini karena mereka terpapar debu kayu dan banyak asap beracun lainnya.

7. Penata rambut

Penata rambut secara terus menerus terkena bahan kimia berbahaya dalam pewarna. Mereka lebih rentan terhadap risiko penyakit kandung kemih, laring, dan paru-paru.

8. Pekerja konstruksi bangunan

Pekerja ini paling rentan terpapar kanker kulit. Hal ini disebabkan debu dan asbes. Para profesional lain yang rentan terhadap risiko kanker adalah produsen karet, pekerja daur ulang, petani, dan mekanik.