Menu

Jangan Disepelekan! Ini Cara Merawat Miss V Agar Tetap Sehat

04 Februari 2021 21:45 WIB

Ilustrasi kesehatan reproduksi wanita. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu sudah tahu kan kalau organ intim wanita atau biasa disebut Miss V itu sensitif? Oleh karena itu kita harus menjaga dan merawatnya dengan benar agar tetap sehat loh, Beauty.

Gak heran banyak mitos dan fakta yang berdar di masyarakat mengenai kesehatan Miss V dan perawatannya yang kadang membuat kamu bingung. Lalu bagaiamana si cara menjaga dan merawat Miss V agar tetap sehat?

Dilansir dari berbagai sumber (04/02/2021), berikut fakta seputar merawat Miss V agar tetap sehat:

1. Membasuh Miss V

Setelah buang air kecil atau buang air besar, Miss V harus dibersihkan dengan cara membasuhnya. Cara membasuh Miss V yang benar yaitu dari arah Miss V menuju anus atau dari depan kebelakang. Hal ini merupakan bentuk pencegahan agar bakteri yang berada di anus tidak berpindah ke Miss V yang dapat mengakibatkan infeksi.

2. Mengeringkan Miss V

Beauty kamu perlu tahuMiss V meruapakan orang intim wanita yang amat sensitif. Maka dari itu, kamu harus mengerikannya dengan bahan yang lembut dan gerakan yang halus. Setelah membasuhnya, kita dapat mengerikannya menggunakan handuk atau tissue toilet yang lembut dengan gerakan yang halus ya, Beauty.

3. Menjaga Keseimbangan pH Alami Miss V

Beauty, sudah tahu kankalau Miss V memiliki tingkat keasaman (pH)? Yaps! Miss V pun memiliki tingkat keasaman (pH) yaitu 3,8 – 4,5. Oleh karena itu, gak disarankan membersihkannya menggunakan sabun pewangi, gel atau antiseptik ya. Hal ini dapat meganggu kesimbangan dan bakteri baik yang ada pada Miss V loh.

4. Bersihkan Miss V Saat Menstruasi

Agar Miss V tetap sehat, Beauty juga perlu membersihkannya ketika menstruasi loh. Salah satunya dengan sering mengganti pembalut ketika sudah lembab atau basah. So, jangan malas ganti pembalut ya Beauty!

Untuk membersihkan Miss V ketika menstruasi, kita dapat menggunakan air hangat atau air serta sabun yang berbahan lembut.

5. Gunakan Pakaian Dalam Yang Tepat

Pakaian dalam juga mempengaharui kesehatan Miss V loh, Beauty. Maka dari itu, gunakanlah celana dalam berbahan katun yang memungkinkan sirkulasi udara dengan baik dan dapat menyerap keringat. Selain itu, gantilah celana dalam secara teratur, terlebih jika sudah terasa lembab atau basah.

Hindari juga ya penggunaan celana dalam berbahan nylon. Hal ini dapat membuat bakteri mudah masuk dan berkembang biak dikarenakan bahannya yang ketat, panas, dan lembab.

Jadi, Beauty sudah tahu kan bagaiaman merawat Miss V yang benar? Kesehatan Miss V sangat penting loh, Beauty. Jangan disepelekan ya!