Menu

Kulit Berjerawat Selama Hamil? Ini Cara Alami Mengatasinya

05 Februari 2021 15:45 WIB

Wanita sedang menyentuh jerawat di wajahnya. (Pinterest/Edited by Herstory)

HerStory, Bandung —

Selama mengandung, banyak wanita yang mengeluhkan timbulnya jerawat di wajah. Hal ini sebenarnya normal karena wanita hamil mengalami peningkatan hormon androgen.

Hormon androgen dapat menyebabkan kelenjar di kulit tumbuh dan menghasilkan lebih banyak sebum, yang membuat kulit jadi lebih berminyak dan menyumbat pori-pori hingga menyebabkan bakteri, peradangan, dan jerawat.

Jerawat yang timbul saat hamil akan menghilang ketika telah melahirkan. Namun, pengobatan jerawat selama kehamilan nggak disarankan karena bisa memengaruhi janin.

Lalu, bagaimana merawat kulit berjerawat saat hamil? Dilansir dari Healthline (05/02/2021), ternyata ada bahan-bahan alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat,seperti berikut ini.

1. Cuka apel

Rendam bola kapas dengan cuka sari apel. Gunakan cairan ini sebagai toner untuk menyerap minyak. 

2. Baking Soda

Baking soda mampu mengeringkan minyak berlebih pada kulit. Campur satu sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air. Terapkan pada jerawat. Biarkan hingga kering sebelum mencuci muka.

3. Jeruk

Asam hidroksi alpha dalam buah jeruk seperti lemon dan limau membantu mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori dan meluruhkan sel kulit mati. Sifat zat dan antibakterinya, membuat buah ini efektif sebagai exfoliant (pengangkat sel kulit mati).

Peras lemon atau jeruk nipis dan terapkan langsung ke bagian jerawat. Biarkan selama 10 menit atau sampai kering, lalu bilas dengan air dingin.

4. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik sangat menenangkan pada kulit meradang saat berjerawat. Pertama-tama, kamu bisa bilas wajah dengan air hangat. Oleskan madu langsung ke daerah yang terkena jerawat. Biarkan kulit selama 20 sampai 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Minyak kelapa juga menenangkan pada kulit dan sangat mudah diserap. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa murni sebelum tidur.

6. Oatmeal dan Mentimun

Mentimun dan oatmeal menawarkan pendinginan untuk kulit. Untuk perawatan buatan sendiri, coba masker ini. Cukup campurkan kedua bahan ini dan masukkan ke dalam freezer. terapkan pada wajah dan biarkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas.