Menu

Kenali Berbagai Penyebab Wanita Lama Hamil dan Solusinya

05 Februari 2021 17:00 WIB

Ilustrasi wanita yang baru melakukan test pack kehamilan (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Setiap pasangan pastinya menginginkan kehidupan yang berjalan sempurna dan penuh dengan kebahagiaan, termasuk hadirnya seorang buah hati. Namun sayang, tak seluruh pasangan bisa mendapatkan hal itu dengan mudah, ada sebagian dari mereka yang perlu untuk melakukan program hamil terlebih dahulu. 

Namun perlu diketahui, ternyata ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kamu dan pasangan belum diberikan keturunan meskipun telah menikah cukup lama. Kira-kira apa saja ya penyebabnya? Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini! 

Memiliki riwayat keguguran 

Pernah mengalami keguguran bisa menjadi salah satu penyebab kamu sulit untuk memilliki keturunan. Hal itu karena hormon di dalam tubuh mengalami perubahan. Tapi tak perlu khawatir, hormon di dalam tubuh kamu akan kembali seimbang setelah melewati beberapa kali siklus menstruasi sehingga kemungkinan kamu untuk hamil dapat meningkat. 

Terjadinya sumbatan pada saluran tuba falopi 

Perlu diketahui bahwa saluran tuba falopi memiliki peran untuk membawa sel telur dari ovarium menuju rahim. Sehingga jika saluran tersebut tersumbat, sel telur tak bisa tersalur ke rahim dan bertemu sperma. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh peradangan pada area panggul. Untuk mengatasinya, segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk menemukan solusi yang tepat ya moms. 

Gaya hidup 

Gaya hidup juga menjadi salah satu faktor penting dalam kehamilan lho moms. Jika kamu memiliki gaya hidup yang tak sehat seperti merokok, mengonsumsi minuman keras, dan juga kerap mengonsumsi makanan tak sehat, maka hal itu dapat mengganggu tingkat kesuburan. Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta melakukan olahraga secara teratur dapat meningkatkan peluang kamu untuk mendapat buah hati. 

Rendahnya kualitas sperma 

Kualitas sperma pasangan tentu bisa menjadi salah satu alasan mengapa sampai saat ini kamu belum diberikan keturunan. Untuk meningkatkan kualitas sperma, pastikan suami kamu mengonsumsi vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, vitamin E, hingga zinc.

Nah, itu dia 4 hal yang bisa menjadi penyebab kamu dan pasangan belum diberikan keturunan meskipun telah menikah cukup lama. Semoga kamu dan pasangan bisa segera diberikan momongan ya moms.