Menu

Suka Pakai Obat Tetes Mata? Ternyata Nggak Boleh Dipakai Lebih dari Sebulan Lho!

08 Februari 2021 09:55 WIB

Mata. (Pixabay/PublicDomainPictures)

HerStory, Bandung —

Obat tetes mata biasanya digunakan untuk mengatasi kelilipan atau membantu kondisi mata yang kering. Tapi, kalau terlalu sering menggunakannya, obat tetes mata bisa merugikan kesehatan mata.

Dilansir dari Healthline (08/02/2021) cairan tetes mata yang dijual bebas rupanya ada yang mengandung bahan pengawet. Biasanya pada obat tetes mata multidosis atau obat tetes mata yang dapat bertahan dalam jangka panjang lebih berisiko untuk mata.

Bahan pengawet yang digunakan bertujuan untuk mencegah pertumbuhan bakteri begitu botol dibuka. Sayangnya, terlalu lama menyimpan dan menggunakannya juga bisa menyebabkan konjungtivitis atau peradangan mata akut.

Ada batas waktu untuk menggunakan obat tetes mata. Meski di kemasan obat tetes mata yang kamu gunakan bisa digunakan sampai tahun depan, tapi obat tetes mata multidosis ini sebaiknya tidak digunakan lebih dari empat minggu.

Untuk menyiasatinya, tuliskan tanggal dan bulan setiap kamu membuka botol tersebut. Ini berguna untuk mengingatkan sudah berapa lama penggunaan dari obat tetes mata tersebut.