Menu

Sering Dianggap Nggak Sehat, 6 Makanan Ini Justru Punya Banyak Nutrisi

15 Februari 2021 10:00 WIB

Seorang wanita sedang mengonsumsi buah-buahan. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Sayuran dan buah adalah makanan sehat yang seringkali dianjurkan dalam diet maupun asupan harian. Pandangan ini juga membuat kita seringkali menuduh beberapa makanan lezat sebagai makanan tak sehat yang harus dihindari.

Dikutip dari berbagai sumber, (15/02/2021) ternyata terdapat beberapa makanan lezat yang terlihat tak sehat justru mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut adalah enam makanan yang sering diabaikan dalam daftar makanan sehat.

1. Sarden

Lemak yang ada pada ikan adalah salah satu menu yang dilupakan dalam daftar makanan sehat. Sarden mengandung sumber asam lemak omega 3.

Selain itu, ikan sarden yang berukuran kecil membuat kecil kemungkinannya mengandung kadar merkuri yang berbahaya. Sarden kalengan dapat dimakan secara utuh, karena tulang mereka empuk dan juga mengandung sumber kalsium.

2. Telur

Sebagian orang mungkin masih percaya bahwa kuning telur nggak sehat karena mengandung kolesterol yang berbahaya untuk jantung. Semua bagian telur sebenarnya dibutuhkan tubuh, termasuk kuning telur. Kuning telur mengandung choline yang penting untuk fungsi semua sel, terutama sel otak.

3. Kaldu tulang

Kaldu tulang merupakan sumber makanan yang kaya akan kolagen, sekelompok protein yang ditemukan pada mamalia. Kolagen merupakan nutrisi yang memiliki manfaat luar biasa bagi kulit.

Kaldu tulang sapi juga salah satu sumber mineral dan memiliki sifat penyembuhan yang besar bagi usus. Tentunya ini sangat baik untuk sistem pencernaan.

4. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi telah terbukti baik untuk usus. Makanan fermentasi seperti acar, asinan kubis, kombucha, kimchi, kefir, dan makanan fermentasi lainnya mengandung triliunan bakteri yang baik untuk usus.

5. Tiram

Tiram merupakan sumber magnesium, nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh namun seringkali dilupakan dalam daftar makanan sehat. Tiram juga kaya akan seng, nutrisi penting dalam proses produksi testosteron. Hormon ini bukan hanya penting bagi pria, tetapi juga bagi wanita.

6. Hati sapi

Hati sangat kaya akan kandungan mineral seperti zat besi dan folat, serta kaya pula akan kandungan vitamin B-12. Vitamin B-12 diperlukan untuk menjaga saraf dan sel-sel sehat dalam tubuh.

Selain itu, vitamin B-12 juga membantu produksi DNA dalam semua sel. Orang-orang memiliki kadar vitamin B-12 yang rendah biasanya merasa lelah dan lemah.