Menu

Ini 5 Hal yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan Setelah Olahraga

15 Februari 2021 11:10 WIB

Ilustrasi seseorang sedang berolahraga. (Unsplash/Kiki Vega)

HerStory, Bandung —

Berolahraga sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit. Tetapi, sebagian orang seringkali mengabaikan beberapa hal penting yang harus dilakukan setelah melakukan latihan, apalagi latihan yang dilakukan cukup berat dan menguras kerja tubuh.

Beberapa aktivitas setelah olahraga ini bisa mengurangi risiko cedera. Dilansir dari berbagai sumber, (15/02/2021) berikut lima hal penting yang nggak boleh kamu abaikan setelah berolahraga.

1. Cooling-down (pendinginan)

Setelah melakukan aktivitas olahraga yang cukup berat, kamu wajib untuk menyelesaikannya dengan cooling down. Ini sangat penting agar jantung yang dipicu berdetak dengan cepat tidak menjadi pelan dengan tiba-tiba.

Untuk melakukan cooling down ini sangat mirip dengan gerakan peregangan. Kamu juga bisa melakukan jogging ringan, berjalan, atau bahkan melompat. Berikan gerakan-gerakan ringan sebagai penutupan aktivitas tersebut.

2. Peregangan

Setelah melakukan cooling down, banyak para ahli menyarankan untuk melakukan peregangan. Kalau kamu melakukan latihan yang ringan, lakukan peregangan sederhana saja. Peregangan dapat mengurangi asam laktat dan membantu kamu untuk bergerak lebih fleksibel dan nyaman.

3. Minum air

Hal yang satu ini cukup jelas dan umum untuk dilakukan. Tetapi pada kenyataannya banyak orang yang masih mengabaikan sesi untuk minum air.

Rehidrasi dapat menjadi unsur paling penting dari setiap rutinitas yang dilakukan setelah latihan. Saat keringat keluar bercucuran, kamu membutuhkan asupan air yang cukup untuk menggantinya.

4. Asupan protein

Setelah latihan kamu membutuhkan asupan protein. Ini bertujuan untuk menyegarkan kembali otot-otot yang telah bekerja keras selama latihan.

Protein sejumlah 20gr adalah jumlah yang dianjurkan. Kamu bisa mendapatkannya dari dendeng daging sapi, keju, yoghurt atau makanan berprotein lainnya.

5. Mandi dan berganti pakaian

Terdengar sangat umum dan sederhana, tetapi hal ini sering diabaikan oleh banyak orang. Sebagian besar nggak sadar bahwa keringat yang mengering dan baju yang lembap adalah tempat yang sangat disukai bakteri. Jadi segera mandi dan ganti pakaian setelah berolahraga ya!

Artikel Pilihan