Menu

Ini yang Harus Moms Ketahui Ketika Memutuskan untuk Menyusui

17 Februari 2021 09:00 WIB

Ilustrasi seorang ibu sedang menyusui anaknya. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Bagi Moms yang sedang hamil atau baru saja melahirkan, menyusui mungkin jadi hal yang sedang Moms pikirkan. Menyusui bayi dengan ASI memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan si kecil. 

Hal yang harus Moms ketahui, menyusui bukanlah hal yang bisa disepelekan. Moms mungkin merasakan ketidaknyamanan seperti nyeri saat menyusui si kecil.

Moms juga mungkin akan dihadapkan dengan posisi bayi yang selalu lapar namun produksi ASI nggak bisa mencukupi. Moms juga harus memerhatikan nutrisi yang dikonsumsi untuk memastikan kualitas ASI yang dihasilkan.

Dilansir dari berbagai sumber, (17/02/2021) berikut adalah beberapa hal yang perlu Moms ketahui kalau ingin menyusui bayi dengan ASI.

Mengatur pola makan

Asupan makanan adalah hal yang penting diperhatikan oleh ibu menyusui. Menurut beberapa ahli, ibu menyusui membutuhkan tambahan kalori sebanyak 550 kalori serta 25 gram protein per hari.

Meski demikian, bukan berarti Moms bebas mengonsumsi makanan apapun. Tetap saja, kafein dan makanan berat berlemak tinggi harus dihindari. Susu dan minuman sehat lain seperti jus adalah cairan yang disarankan untuk dikonsumsi. 

Semua wanita yang baru saja melahirkan bisa menyusui

Apakah Moms pernah merasa kalau Moms nggak akan bisa menyusui? Percayalah, bahwa hal tersebut hanyalah mitos. Sebab secara alami, semua wanita yang pernah melahirkan bisa menyusui.

Sementara lancar atau nggaknya ASI bergantung pada makanan yang Moms konsumsi, tingkat stres, hingga seberapa besarnya seorang bayi merangsang keluarnya air susu. Jadi, jangan pernah nggak pede untuk menyusui, ya Moms!

Perhatikan posisi menyusui

Posisi menyusui yang baik sangat menguntungkan ibu dan bayi saat proses menyusui berjalan. Moms bisa mencoba posisi dengan menempatkan bantal di bawah tubuh bayi dan kemudian Moms memangkunya.

Mulut bayi harus terbuka lebar dengan bibir bawah terbuka hingga dagu menyentuh payudara. Kemudian puting dan areola harus berada di dalam mulut bayi. Posisi yang kurang tepat akan menyebabkan rasa sakit di puting.

Susui bayi sampai kenyang

Ibu menyusui pasti bertanya-tanya berapa takaran ideal air susu yang diberikan. Memang tidak ada takaran yang pas, sebab kebutuhan setiap bayi pasti berbeda.

Idealnya Moms harus menyusui sebanyak 8-10 kali per hari dengan jeda 3-4 jam. Air susu yang diproduksi di malam hari juga lebih sehat sebab produksi hormon akan lebih banyak.