Menu

Gigitan Capung di Pusar Anak Bisa Bikin Berhenti Ngompol, Mitos atau Fakta?

17 Februari 2021 14:00 WIB

Balita Sedang Tidur ((Unsplash/Edited by Zenzhong liu)

HerStory, Jakarta —

Moms, mitos atau fakta ya kalu gigitan capung di pusar bisa membuat si kecil berhenti ngompol?

Bedasarkan jurnal dalam Proceedings of the National Academy Sciences (PNAS) capung menjadi predator tunggal di dunia. Wah seram ya Moms, lalu gimana ya gigitan capung pada pusar anak dapat membuatnya berhenti ngompol?

Waduh ternyata ini mitos Moms! Sampai saat ini belum ada penelitiannya. Justru menurut Rosichin Ubaidillah, peneliti serangga dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan bahwa gigitan serangga bukannyamenyembuhkan justru akan membiarkan mikroba patogen atau penyakit masuk ke dalam tubuh.

Duh, bahaya banget ya Moms ilmiahnya? Jangan coba-coba lagi ya membuat anak berhenti mengompol dengan gigitan capung di pusarnya. Moms bisa melakukannya dengan cara lain yang membuat anak nyaman dan senang.

Moms membuat anak berhenti mengomlol memang hanya memerlukan waktu saja. Biasanya usia anak bergenti ngompol sama dengan saat orang tuanya brrhenti ngompol di waktu kecil. Namun tetap saja Moms harus membiasakan dia agar buang air kecil di toilet.

Dilansir dari berbagai sumber (17/02/2021), berikut tips yang bisa Moms ajarkan kepada si kecil agar berhenti mengompol!

1. Berikan Pujian Pada Anak Ketika Gak Ngompol dalam Sehari

Moms hal yang paling mudah dilakukan adalah memberikan pujian kepada si kecil jika gak mengompol dalam sehari. Walaupun belum mengerti, si kecil bisa merasakan bagaiamana rasanya dihargai dan disayang oleh orang tuanya.

Dengan pujian yang diberikan, di kemudian hari si kecil akan berusaha melakukan hal yang sama lagi agar mendapatkan rasa sayang dari orang tuanya. Jangan mengapresiasinya dengan sebuah barang ya karena akan membuatnya menginginkan sesuatu yang lebih.

Sebaliknya jika si kecil tiba-tiba mengompo lagi, jangan memaharinya atau membentaknya. Hal ini gak membuat si kecil nerhenti mengompol dikemudian hari, justru bisa menganggu kesehatab mentalnya.

2. Hentikan Kebiasaan Minum Ketika Ingin Tidur

Moms cara yang paling mudah adalah menghentikan kebiasaan minum ketika ingin tidur. Moms bisa memberinya susu pada sore hari dan memberhentikan asupan air minum yang masuk ketubuh maksimal satu jam sebelum waktu tidurnya.

Moms juga harus memperhatika kadar air yang masuk ke dalam tubuhnya. Pastikan si kecil cukup minum pada pagi dan sore hari ya!

Sebelum si kecil tidur, Moms bisa mengajaknya untuk buang air kecil. Beri tahu si kecil untuk melakukan hal ini secara rutin ya. Hal ini berpengaruh agar si kecil gak ngompol saat tertidur.

3. Latih Kandung Kemih

Moms mungkin terasa asing dengan cara yang satu ini. Namun Moms bisa terapkannya kepada si kecil. Pelatihan kandung kemih merupakan prises di mana anak pergi ke kamar mandi pada waktu yang ditentukan. Hal ini dapat membantu merangsang kandung kemih dan membantunya untuk mengontrol kandung kemih.

Hal ini dapat dilakukan pada malam hari. Moms bisa membangunkan si kecil sekali atau dua kali pada malam hari untuk pergi buang air kecil di kamar mandi.

Nah, jadi sudah tahu kan cara yang temapt untuk membuat anak berhenti mengompol? Jangan lakukan dengan gigitan capung pada pusarnya lagi ya Moms!