Menu

Moms, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan saat Hamil agar Janin Selalu Sehat

18 Februari 2021 09:10 WIB

Ilustrasi bayi dalam rahim sedang mendengarkan lagu menggunaka headphone. (Pinterest/babygaga.com

HerStory, Bandung —

Menjalani kehamilan membuat Moms harus bisa mengontrol apa-apa saja yang Moms lakukan. Demi menjaga kesehatan janin, Moms akan diminta untuk menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang bergizi.  

Selain itu, ternyata ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk membuat bayi tumbuh sehat. Dikutip Lifehack, (18/02/2021) yuk lakukan lima hal berikut ini!

Luangkan waktu untuk bercerita

Meskipun bayi nggak bisa memahami kata-kata yang sebenarnya, membacakan cerita membuat janin mulai mengenal suara Moms dan saat lahir nanti bayi akan mengingatnya.

Perlu diketahui, pada kehamilan trimester ketiga bayi sudah dapat mendengar suara Moms dan menghafalnya. Selain itu, nggak pernah terlalu dini untuk mulai berbagi cerita favorit dan dongeng dengan bayi di dalam kandungan.

Berjemur setiap pagi

Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang cukup penting bagi tubuh Moms dan bayi. Pastikan Moms terkena sinar matahari pagi sekitar dua puluh menit.

Hal ini dapat membantu bayi mengembangkan tulang yang kuat dan sehat. Kekurangan asupan Vitamin D dapat berpengaruh pada perkembangan janin.

Bangun ikatan melalui pijatan

Ciptakan ikatan yang kuat dengan anak bahkan sebelum bayi lahir, melalui seni sentuhan. Ketika memasuki usia kandungan minggu kedua puluh lebih, bayi sudah bisa merasakan sentuhan karena sistem saraf yang ada sudah mulai berkembang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang belum lahir bahkan bisa membedakan antara sentuhan seorang ibu dan sentuhan seorang ayah.

Ambil beberapa minyak esensial dan berikan pijatan halus pada tubuh. Selain itu, hal ini dapat mengurangi timbulnya stretch mark, dan baik untuk proses relaksasi ibu dan janin.

Alunan lagu untuk pikiran yang sehat

Ketika Moms bernyanyi atau mendengarkan alunan lagu yang lembut dan menyenangkan untuk kandungan, ternyata dapat membantu bayi tumbuh sehat dan tenang. Selain bernyanyi, Moms juga bisa bermain alat musik.

Wanita hamil butuh keseimbangan

Pastikan Moms nggak kelelahan selama hamil dan menjaga kondisi tubuh untuk tetap fit. Untuk wanita hamil yang aktif, seimbangkan hari-harimu dengan rutinitas olahraga serta istirahat yang cukup, ya!

Semoga bermanfaat!