Menu

Kamu Sering Menahan Tangis? Hati-hati, Ini Dampak Negatifnya....

19 Februari 2021 16:40 WIB

Wanita sedang menangis. (Unsplash/Kat J)

HerStory, Jakarta —

Kamu sering gak si menahan nagis? Walaupun memiliki alasan yang pasti, namun hal ini jangan terlalu sering dilakukan ya! Banyak bahaya yang ditimbulkan akibat kamu menahan nangis.

Banyak alasan orang yang menahan nagis, baik dari internal maupun eksternal. Biasanya kalua dari dalam internal mungkin kamu malu terlihat sedang sedih di depan orang lain atau saking lelahnya air matamu gak keluar.

Adapun faktor eksternal yang membuat kamu menahan nangis. Bisa jadi faktor eksternal ditimbulkan dari orang sekitarmu, seperti orang tua. Mungkin sejak kecil norang tua selalu mengajarkan atau melarangmu untuk menangis tanpa peduli apa yang sedang kamu rasakan. Hal ini lah yang berdampak hingga kamu dewasa.

Padahal menangis adalah bentuk ekspresi atau ungkapan dari apa yang dirasakan. Gak semua orang bisa mengungkapan apa yang dirasa melalui perkataan, justru dengan menangislah itu bentuk ekspresi kamu sedang dalam keadaan gak baik-baik saja.

Menangis bukan berati menanndakan dirimu lemah. Dengan menangis banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa membuat perasaanmu menjadi lega dan lapang tanpa perlu melakukan tindakannya. Kamu juga bisa Kembali berpikir jernih setelah dadamu lapang.

Dilansir dari berbagai sumber (19/02/2021), berikut adalah bahaya akibat kamu sering menahan nangis

Meningkatnya Detak Jantung

Tahu gak si kalau menahan nangis dapat mengakibatkan tekanan pada sistem saraf simpatetik. Hal ini menyebabkan meningkatnya detak jantung serta kontraksi pada otot jantung.

Ketika pembuluh besar tertekan, jumlah darah yang termpompa di dalamnya juga meningkat, termasuk juga jumlah daraj yang terpompa ke jantung.

Stres

Menahan air mata juga dapat membuat kamu stres loh. Ketika keinginan ada keinginan untuj menangis, respon stres kamu mulai bekerja di amigdala. Lalu amigdala mengirimkan sinyal ke hipotalamus, yang memberi tahu seluruh tubuh untuk bertindak sesuai dengan itu.

Menurut penelitian dari Havard Healt Publishing bahwa ada beberapa bahaya misalnya stres. Hal ini terjadi karena memicu kelenjar untuk melepaskan hormin adrenokortikotropik. Hormon ini akan berjalan ke kelenjar adrenal sehingga menyebabkan melepas kortisol hormon stres.

Perubahan Napas

Gak hanya itu efek samping dari menahan nangis adalah perubahan napas. Ketika emosi kamu gak stabil dan membiarkan tubuh melepasnya dengan tangis. Kamu mungkin akan mengalami sesak napas dan napas cepat. Selain itu, saluran udara antara hidung dan paru-paru menjadu kencang.

Waduh bahaya banget ya kalau terlalu sering menahan nangis. Jika kamu ingin menangis tapi malu dengan orang sekitar segeralah cari tempat aman, misalnya kamar 

Share Artikel:

Oleh: Rifani Indrianti