Menu

Sering Merasa Gak Bahagia? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya!

19 Februari 2021 17:50 WIB

Seorang wanita sedang berekspresi murung. (Unsplash/George Gvaslia)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pernah gak si kamu sudah melakukan berbagai hal yang kamu sukai tapi masih merasa gak bahagia? Biasanya ada sesuatu yang belum bisa kamu relakan.

Merasa gak bahagia bukan berati kamu kurang bersyukur, mungkin ada beberapa hal didalam hidupmu yang belum kamu relakan begitu saja. Sehingga masih ada rasa sesak yang tersimpan dihati sehingga membuatmu gak bahagia.

Gak ada salahnya kok kamu merasa begini, tapi jangan terlalu lama dibiarkan. Jika kamu berlarut-larut dalam perasaan ini, bisa merugikan diri kamu dan orang lain loh.

Biasanya hal ini disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal adalah bagaiamana kamu mengebali perasaan yang kamu rasakan faktor eksternal bisa dari orang sekitar seperti orang tua, teman, dan lainnya.

Kamu hanya perlu mengenali apa yang kamu rasakan dan penyebabnya. Gak apa-apa jika kamu ingin menyendiri agar bisa menyelesaikan semua ini. Namun jika gak bisa menyelesaikannya sendiri kamu bisa menghubungi orang yang kamu percaya atau psikolog ya.

Dilansir dari berbagai sumber (19/02/2021), berikut mungkin beberapa faktor mengapa kamu merasa gak bahagia:

1. Prilaku Orang Tua

Semua orang tua pasti sayang dengan anaknya, namun prilaku dan perlakuannya menunjukkan rasa sayangnya pun berbeda-beda. Bisa jadi apa yang orang tuamu lakukan gak sesuai dengan isi hatimu. Sehingga terkadang perlakuan orang tuamu secara gak sengaja melukai hatimu.

2. Gak Mengenali Diri Sendiri

Merasa gak bahagia, mungkin kamu belim mengenali dirimu seutuhnya sehingga kamu gak bisa menerima apa yang kamu rasakan. Selain itu, mungkin kamu merasa gak punya tujuan hidup dengan apa yang kamu miliki sekarang.

Gak apa-apa untuk merasakan ini sementara, namun kamu harus bisa mengatasinya ya. Kamu harus banyak melakukan me-time agar mengenali dirimu seutuhnya sehingga kamu bisa menemukan tujuan hidupmu dan bersemangat untuk menggapainya.

3. Berada di Dalam Lingkungan Gak Supportif

Lingkungan yang gak supportif adalah lingkungan yang gak menganggap keberadaanmu. Meskipun kamu melakukan sesuatu penuh keikhlasan, namun adanya pengakuan atau apresiasi dari orang-orang terdekat pun perlu loh.

Adanya pengakuan dan sikap menghargai dari lingkungan sekitar dapat membuatmu terasa hidup. Meskipun dilakukan dengan sederhana namun ini memberikan efek yang cukup besar bagi dirimu loh.

4. Pikiran Buruk

Akibat gak mau menaruh ekspetasi lebih agar gak kecewa, justru kamu menyelipkan pikiran buruk di dalamnya. Hal ini bukan cara yang tepat loh, justru dapat membuat masalah yang lain dalam dirimu muncul.

Jika kamu terbiasa berpikiran negatif terhadap suatu hal padahal belum tentu terjadi, kamu akan memunculkan pikiran negatif terhadap hal yang lain. Pikiran negatif bisa memicu stres. Oleh karena itu kurangi ya kebiasaan ini.

5. Trauma

Mungkin kamu pernah mengalami suatu hal yang menyakitkan dalam hidupmu seperti bullying, kekerasan, pelecehan, penyakit, dan lainnya. Oleh karena itu muncul trauma dalam dirimu sehingga apapun yang kamu lakukan dihantui oleh rasa takut dan membuatmu gak bahagia.

Mengatasi rasa trauma memang perlu waktu. Kamu harus benar-benar bisa berdamai dengan dirimu sendiri ya. Apapun itu lakukan saja jangan memikirkan masa lalu.

Jadi sudah tahu belum apa penyebabnya? Gak apa-apa buat gak merasa bahagia sementara, namun kamu harus bisa mengatasinya ya. Karena bahagia adalah hak seluruh umat.