Menu

Ada Raisa dan Tiara Andini, Ini 7 Artis Indonesia yang Kolaborasi dengan Musisi Korea Selatan! Ada Idolamu?

06 September 2023 16:15 WIB

Tiara Anugrah atau Tiara 'Idol'. (Instagram/tiaraanugrahh)

HerStory, Jakarta —

Juara 2 Indonesian Idol Season 10, Tiara Andini telah merilis single terbarunya berjudul "Flip It Up" pada Jumat (1/9/2023). Ia bak membuktikan kali ini untuk berhasil keluar dari zona nyamannya dan memilih untuk bekerja sama dengan produser asal Korea Selatan, Hyuk Shin.

Sukses bikin warganet heboh, nyatanya bukan cuma Tiara yang pernah kolaborasi dengan produser atau musisi asal Korea, lho. Berikut ini tujuh artis tanah air termasuk dua grup idola pernah kerjasama dengan musisi dari Negeri Ginseng. 

1. Rich Brian

Rich Brian adalah rapper asal Jakarta yang berkarier di Amerika Serikat. Sepanjang kariernya, ia telah banyak berkolaborasi dengan sesama rapper. Keith Ape menjadi musisi Korea pertama yang dia ajak kerjasama untuk single-nya "Gospel" (2017).

Kemudian, pelantun "Dat Stick" ini menggaet Chung Ha berduet dalam lagu "These Nights" (2019) dan eaJ eks Day6 dalam lagu "Love on My Pocket" (2020). Tiga lagu kolab Brian dan tiga musisi Korea ini ear catchy!

2. RamenGvrl

RamenGvrl adalah rapper wanita Indonesia yang eksis saat ini. Pelantun "Vaselina" berduet dengan rapper Korea ternama, pH-1 pada tahun 2021 lewat lagu "Ain't No MF". Tak hanya merilis musik bersama, Ramen bahkan juga berkesempatan jadi opening act dan duet menyanyikan lagu mereka pada konser pertama pH-1 di Indonesia pada 6 Mei 2023.

3. Hanin Dhiya

Tak banyak yang tahu, Hanin pernah berkolaborasi dengan Hyuk Shin. Pencipta lagu "Growl" ini menjadi produser dalam lagunya yang berjudul "Where Is The Love". Dalam lagu ini, Hanin berduet dengan NIve, musisi asal Korea yang juga turut berkontribusi dalam menulis lirik single mereka. 

4. Raisa

Raisa juga pernah merilis single bareng solois Korea, Sam Kim, lho. Ia menggandeng pelantun "Love Me Like That (Ost. Nevertheless)" ini berduet dalam lagu "Someday" (2021).

Definisi fans beruntung, Raisa pun akhirnya berkolaborasi dengan Sam Kim secara langsung di panggung Asian Sound Syndicate Vol. 2 pada 27 Agustus 2023. 

5. UN1TY

Artis Indonesia selanjutnya yang pernah kerjasama dengan Hyuk Shin adalah UN1TY. Bersama JOONY dan MRey dari 153/Joombas serta Jeff Lewis, mereka menciptakan lagu "So Bad" (2022), single ke-8 yang masuk dalam album perdana UN1TY.

UN1TY kembali menelurkan single ke-9 mereka, "It's Alright" (2022), diciptakan Ashley Alisha(153/Joombas), Minsu Bae, dan JJ Evans (153/Joombas). Ashley Alisha dan Minsu Bae adalah produser musik Korea yang sudah pengalaman menulis lagu untuk sederet grup KPop terkenal.

6. StarBe

StarBe, girl group asal Bandung turut menggandeng produser asal Korea. Dua lagu dalam album perdana yang rilis pada Juli 2023, yaitu "Princess Samurai" dan "Rooftop" dikomposeri Shorelle. Ia adalah musisi berdarah Korea-Italia yang langganan menulis lagu untuk artis KPop seperti TWICE, ITZY, Le Sserafim, dan Oh My Girl.

Abelle cs juga baru saja menelurkan lagu berjudul "Bang" yang rencananya mereka tampilkan di acara Asia Song Festival 2023 mendatang. "Bang" diciptakan oleh Lee Geunwoo dari SOON Entertainment.

7. Tiara Andini

Last but not least, ada Tiara Andini. Setelah Gemintang Hatiku, ia kembali menelurkan lagu upbeat berjudul "Flip It Up". Rilis pada 1 September 2023, lagu bergenre dance pop ini ditulis oleh ByHVN, Hyuk Shin, dan Rosanna Ener.

Hyuk Shin dan ByHVN adalah produser dari 153/Joombas Publishing, perusahaan produksi musik ternama yang sudah bekerjasama dengan idola KPop. Hyuk Shin sendiri telah dikenal luas sebagai produser kawakan yang menciptakan lagu legendaris "Growl" dari EXO hingga "One Less Lonely Girl" milik Justin Bieber.

Tujuh artis di atas membuktikan bisa sukses bekerjasama dengan musisi internasional, khususnya dari Korea Selatan. Kolaborasi musisi dari dua negara ini bisa menarik perhatian dari penikmat KPop di Indonesia bahkan punya kerkesempatan lebih luas dinikmati hingga ke mancanegara. Semoga makin banyak lagi penyanyi Indonesia yang bekerjasama dengan musisi internasional, ya!

Artikel Pilihan