Menu

Dokter Zaidul Akbar Beberkan Resep Ramuan Herbal untuk Hempas Panas Dalam, Cuss Coba Agar Tenggorokan Gak Kering Kerontang!

05 Oktober 2023 20:15 WIB

dr. Zaidul Akbar (YouTube dr. Zaidul Akbar/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Saat ini peralihan musim hujan ke musim panas tengah terjadi. Tentu saja hal ini membuat banyak masyarakat harus beradaptasi dengan lingkungannya dan suhu yang tak menentu.

Siapa sangka, banyak pula penyakit yang disebabkan dari perubahan ini lho salah satunya adalah panas dalam. Penyakit ini kerap menghinggapi siapapun yang tak mampu beradaptasi atas perubahan cuaca alam tersebut. Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan seputar gejala panas dalam, lengkap dengan tips untuk mengatasinya.

Panas dalam adalah kondisi medis yang disebabkan oleh kenaikan suhu tubuh yang melebihi normal dan dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, berkeringat berlebihan, pusing, dan badan lemah.

Gejala panas dalam dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

1. Infeksi. Infeksi bakteri atau virus dapat menyebabkan panas dalam.

2. Stres. Stres berlebihan dapat menyebabkan tubuh untuk meningkatkan suhu tubuh.

3. Obat-obatan. Beberapa obat-obatan, seperti obat anti-inflamasi, dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat.

4. Penyakit. Beberapa penyakit, seperti malaria, dapat menyebabkan panas dalam.

5. Kondisi medis lainnya. Beberapa kondisi medis, seperti gangguan tiroid atau kekurangan zat besi, juga dapat menyebabkan panas dalam.

Itulah beberapa penyebab timbulnya gejala panas dalam. Rasanya kurang lengkap apabila tak disempurnakan dengan resep herbal untuk mengatasi panas dalam.

Berikut ini beberapa resep herbal ala Dokter Zaidul Akbar yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan keluarga kamu, diantaranya:

1. Teh jahe. Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang efektif untuk menurunkan panas dalam tubuh.

Cara penyajian, rebus jahe dengan air hangat, lalu tambahkan madu dan gula. Minumlah teh jahe ini setiap hari untuk menurunkan suhu tubuh.

2. Teh lemon. Lemon adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

Cara penyajian, campurkan jus lemon dengan air hangat, lalu tambahkan madu dan gula. Minumlah teh lemon ini setiap hari untuk menurunkan suhu tubuh.

3. Teh daun sirih. Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan untuk menurunkan panas dalam tubuh.

Cara penyajian, rebus daun sirih dengan air hangat, lalu tambahkan madu dan gula. Minumlah teh daun sirih ini setiap hari untuk menurunkan suhu tubuh.

4. Teh lada hitam. Lada hitam merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan untuk menurunkan panas dalam tubuh.

Cara penyajian, rebus lada hitam dengan air hangat, lalu tambahkan madu dan gula. Minumlah teh lada hitam ini setiap hari untuk menurunkan suhu tubuh.

5. Teh biji jintan hitam. Biji jintan hitam merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan untuk menurunkan panas dalam tubuh.

Cara penyajian, rebus biji jintan hitam dengan air hangat, lalu tambahkan madu dan gula. Minumlah teh biji jintan hitam ini setiap hari untuk menurunkan suhu tubuh.

Itulah resep herbal untuk atasi gejala panas dalam ala Dokter Zaidul Akbar yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan keluarga kamu.

Artikel Pilihan