Menu

Enggak Disangka-sangka, 6 Hal Ini Bisa Buat Miss V Jadi Kering

26 Februari 2021 12:10 WIB

Ilustrasi kesehatan reproduksi wanita. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Miss v adalah bagian tubuh wanita yang harus dijaga kesehatannya. Salah satunya adalah dengan menjaga agar miss v selalu lembap. 

Miss v yang kering dapat menimbulkan rasa nggak nyaman dan bahkan memicu terjadinya iritasi. Nah, Beauty udah tahu belum sih apa-apa saja penyebab miss v jadi kering?

Sebagian mungkin sudah tahu beberapa hal yang menyebabkan miss v jadi kering. Tetapi, ada juga enam alasan yang mungkin nggak pernah kamu duga bisa menyebabkan miss v kering. 

Untuk mengetahui apa saja enam hal itu, berikut adalah penyebab kekeringan miss v seperti dilansir dari berbagai sumber (26/02/2021)

Menopause

Tingkat hormon estrogen yang tinggi di dalam tubuh wanita membantu untuk mempertahankan pelumasan di area intim. Namun tingkat hormon ini menurun ketika wanita terkena menopause. Akibatnya, miss v menjadi kering dan hal ini disebut dengan atrofi vagina.

Masalah kesehatan

Masalah kesehatan wanita lainnya yang bisa menyebabkan miss v jadi kering adalah melahirkan, menyusui, dan pengangkatan ovarium.

Kanker

Radiasi atau kemoterapi yang dialami oleh pasien kanker mampu menyebabkan kekeringan di miss v.

Gangguan autoimun

Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan kekeringan di organ intim. Sebab penyakit ini menyerang sel-sel yang berfungsi untuk menjaga kelembapan miss v.

Obat

Beberapa obat anti depresan dan obat alergi dapat menyebabkan kekeringan di miss v. Konsumsi obat endometriosis pun yang menurunkan estrogen juga dapat membuat miss v jadi kering.

Stres

Wanita sebaiknya nggak menganggap remeh stres. Sebab setiap bentuk stres akan berdampak pada kesehatan hormon estrogen yang menyebabkan miss v jadi kering.

Artikel Pilihan