Menu

Hati-hati! Ini 5 Bahaya Hamil di Atas 40 Tahun

02 Maret 2021 15:20 WIB

ilustrasi ibu hamil (Pexels/freestocks.org)

HerStory, Bandung —

Meskipun kehamilan adalah hal yang wajar dialami wanita, kehamilan membawa risiko tersendiri bagi kesehatan wanita. Apalagi jika wanita hamil di atas usia 40 tahun. 

Wanita yang hamil di atas usia 40 tahun akan menghadapi risiko kesehatan yang ekstrem. Dilansir dari berbagai sumber, (02/03/2021) beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa wanita lebih disarankan untuk hamil di bawah usia 30 tahun.

Kira-kira apa saja ya risikonya? Berikut adalah lima bahaya hamil di atas usia 40 tahun.

1. Komplikasi persalinan

Wanita yang hamil di atas usia 40 tahun dapat mengalami komplikasi persalinan, yang menyebabkan nyeri selama persalinan prematur atau persalinan caesar.

2. Ukuran janin

Hamil di atas usia 40 tahun akan berdampak besar pada ukuran dan berat janin. Ukuran janin mungkin akan terlalu kecil atau terlalu besar, yang menyebabkan kesulitan atau komplikasi selama persalinan.

3. Tekanan darah tinggi

Wanita yang hamil di atas usia 40 tahun akan memiliki tekanan darah yang tidak konstan.

4. Diabetes Gestasional

Diabetes Gestasional adalah masalah umum yang dihadapi oleh sebagian besar wanita hamil. Risiko tersebut akan meningkat pada wanita yang hamil di atas usia 40 tahun.

5. Gangguan bawaan

Hamil di atas usia 40 tahun akan meningkatkan risiko gangguan bawaan pada bayi, termasuk risiko terkena down syndrome dan autisme.

Artikel Pilihan