Menu

Jangan Sembarang Makan! Ini Makanan yang Menyebabkan GERD

03 Maret 2021 11:40 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang sakit perut. (Pinterest/huffingtonpost.ca)

HerStory, Jakarta —

Penyakit GERD atau gastroesphageal refluxdisease adalah penyakit umum yang sering dialami baik pria maupun wanita. Biasanya terjadi karena mengonsumsi makanan yangbterlalu pedas dan asam.

Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki penyakit GERD sebaiknya mengindari makanan yang terlalu pedas dan asam. Bagi kamu pecinta kedua makanan itu mungkin ini sebuah tantangan yang sulit, tetapi kamu harus bisa mengontrolnya agar tetap hidup sehat.

Dalam istilah awam, GERD juga dikenal sebagai penyakit maag atau asam lambung. Penyakit yang menyerang lambung ini bisa diatasi dengan menjaga pola makan. Jika kamu terlalu sering makan sembarangan, GERD bisa menyebabkan komplikasi sehingga sangat berbahaya bagi tubuh.

Komplikasi yang muncul akibat GERD disebabkan oleh asam lambung atau isi lambung naik. Hal ini dapat menyebabkan luka pada dinding dan kerongkongan sehingga bisa ternjadi penyakit Barret’s yang merupakan lesi pra kanker.

Selain itu, GERD juga bisa menimbulkan penyakit lainnya. Adapun penyakit yang bisa ditumbulkan karena GERD yaitu gangguan saluran pencernaan, erosi dental, faringitis kronis, sinusitis, laringitis, asma, fibrosis, dan paru idiopatik.

Dilansir dari berbagai sumber (03/03/2021), berikut makanan yang harus kamu hindari bagi penderita GERD. 

Makanan Berkolestrol Tinggi

Ternyata makanan yang mengandung kolester tinggi gak hanya bisa menyebabkan kolestrol saja, namun juga dapat memicu penyakit GERD. Riset yang dipublikasikan dalam Alimentary Pharmacology and Therapeutics telah membuktikan efek kolestrol berlebih terhadap gejala GERD.

Studi membuktikan, orang yang mengonsumsi banyak makanan mengandung kolestrol dan asam lemak jenuh tinggi sehingga berisiko mengalami penyakit GERD. Salah satu contoh makanan mengandung kolestrol dan lemak jenuh tinggi adalah daging merah.

Minuman Berkafein

Minum berkafein memang menjadi musuh bagi penderita GERD. Penderita GERD sangat dianjurkan untuk menghindari atau mengurangi konsumsi kafein agar gak memperparah keadaan lambung.

Maslaahnya, kafein bisa memicu produksi asam lambung. Mengonsumsi kafein yang berlebihan juga dapat menyebabkan longgarnya otot kerongkongan dan mengiritasi dinding lambung.

Makanan Pedas dan Asam

Makanan yang terlalu pedas dan asam perlu dihindari bagi kamu penderita GERD. Hal ini disebabkan kedua makanan itu menyebabkan iritasi pada kerongkongan dan kotak suara. Apa bila kamu mengonsumsi kedua makanan ini dapat memperparah penyakit GERD.

Oleh karena itu, kamu yang menderita GERD harus mengindari sambal dan makanan pedas lainnya. Selain itu, kamu juga perlu menghindari makanan yang asam seperti jeruk, tomat, cuka. Apa bila kamu ingin mengonsumsi makanan tersebut sebaiknya kamu mengonsumsi makanan lainnya terlebih dahulu.

Alkohol

Alkohol dapat membuat area cincin antara kerongkongan dan lambung menjadi longgar. Akibatnya asam lambung dapat naik ke kerongkongan sehingga muncul sensasi terbakar di dada setelah mengonsumsi alkohol.

Nah jadi sudah tahu kan makanan apa yang menyebabkan GERD? Usahakan untuk gak mengonsumsinya atau bisa saja dihindarinya ya!

Share Artikel:

Oleh: Rifani Indrianti

Artikel Pilihan