Menu

6 Gejala yang Akan Beauty Rasakan Jika Asam Lambung Kumat, Ternyata Bukan hanya Nyeri Ulu Hati Lho!

11 Januari 2024 11:55 WIB

Ilustrasi sakit perut. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, bagi kamu yang menderita asam lambung pasti sering banget merasakan gak nyaman saat asam lambung naik atau kumat, kan?

Menurut dr. Tirtawati Wijaya, SE di laman Alodokter pada 10 Januari 2024 menjelaskan jika saat asam lambung kumat, maka mengalirnya ke saluran di atas lambung hingga akhirnya ke mulut.

"Secara anatomis asam lambung berada dalam lambung, yang normalnya terletak di perut bagian atas sebelah kiri, di bawah diafragma yang memisahkannya dari paru kiri dan jantung. Pada saat asam lambung naik / kumat, mengalirnya ke saluran di atas lambung yang disebut esofagus, pharynx, lalu mulut," jelas dr. Tirtawati dikutip Herstory, Kamis (11/1/2024).

Gejala asam lambung kambuh

Nah, karena saluran cerna di atas lambung ini dilapisi oleh mukosa sehingga tak tahan dengan asam. Pada akhirnya, jika terpapar asam lambung makan akan teriritasi dengan memicu beberapa gejala berikut ini:

  • Paling sering gejala yang dirasakan adalah nyeri ulu hati, rasanya sakit atau seperti terbakar (heartburn)
  • Rasa tak nyaman di bagian dada atau tenggorokan.
  • Terasa seperti ada yang mengganjal di tenggorokan (globus sensation).
  • Mulut terasa asam
  • Gigi terorasi asam
  • Batuk kering

Cara mengatasi asam lambung

Nah, jika Moms tak ingin merasakan gejala-gejala tersebut bisa simak tips dari dr. Tirtawati tentang bagaimana cara mengatasi dan mencegah asam lambung yang naik. Cusss langsung simak berikut ini.

1. Kurangi makan pemicu sekresi asam lambung

Beauty, kamu perlu berhati-hati terhadap beberapa makanan yang bisa meningkatkan sekresi asam lambung dan makanan yang bisa menghambat pengosongan lambung, seperti makanan pedas, makanan asam, dark chocolate, kafein, jeruk nipis, stroberi, makanan berminyak, bersantan, berlemak, apalagi gorengan.

2. Terapkan gaya hidup sehat

Jika Beauty sering merasakan stres, sebaiknya untuk mengendalikan stres dengan baik. Hindari segala hal yang bisa memicu naiknya asam lambung. Jika kamu perokok, sebaiknya hindari asapnya karena bisa bikin  sphincter esofagus melemah. 

Jika berat badan kamu berlebihan, segera turunkan agar berada di rentang yang ideal. Pertahankan tubuh dalam posisi tegak selama 2-4 jam setelah makan. Hindari untuk berbaring, tiduran, atau tidur setelah makan.

Jangan mengenakan pakaian atau aksesoris ketat di area leher, dada, perut, dan pinggang. Saat tidur, posisi kepala sebaiknya lebih tinggi dari lambung.

3. Pola makan yang benar

Beauty, jika kamu menderita asam lambung, sebaiknya makan dalam porsi lebih kecil. Jangan mengisi lambung terlalu penuh agar asam lambung tak meluber keluar lambung.

4. Lakukan pemeriksaan saluran cerna

Untuk mencegah hal yang lebih parah, sebaiknya Beauty melakukan pemeriksaan saluran cerna sesuai dengan anjuran dokter. 

"Orang berusia 40 tahun atau lebih dianjurkan melakukan pemeriksaan endoskopi dan colonoscopy secara rutin sesuai dengan faktor risiko yang dimilikinya. Semakin tinggi risikonya, semakin sering pemeriksaan ini harus dilakukan. Orang berusia kurang dari 40 tahun dapat melakukan pemeriksaan ini bila memang terdapat indikasi medisnya," saran dr. Tirtawati.