Menu

Jangan Dibuang! 5 Kulit Buah Ini Besar Manfaatnya untuk Tubuh!

04 Maret 2021 13:45 WIB

Kulit buah jeruk. (bebeautiful.in/Edited by Herstory)

HerStory, Bandung —

Ketika mengonsumsi buah, beberpa di antara kita pasti memilih untuk mengupasnya terlbih dahulu. Padahal, ada beberapa jenis buah-buahan yang kulit buahnya mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan daging buah itu sendiri, lho!

Kulit buah biasanya akan langsung dibuang setelah dikupas. Kebiasaan masyarakat kita yang ingin makanan selalu bersih membuat kulit buah dianggap kotor dan nggak bermanfaat.

Padahal, ada beberapa kulit buah yang besar manfaatnya. Berikut adalah beberapa jenis kulit buah yang memiliki nutrisi untuk meningkatkan kesehatan tubuh seperti dilansir dari Boldsky, (04/03/2021).

Kulit jeruk

Tahukah kamu bahwa kulit jeruk memiliki jumlah serat empat kali lebih banyak dibandingkan daging buah jeruk itu sendiri? Bahkan kandungan zat flavonoid di dalamnya seperti tengeretin dan nobiletin di dalam kulit jeruk lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Kedua zat antioksidan ini baik untuk mencegah kanker dan sebagai zat anti inflamasi.

Kamu bisa mengonsumsi kulit jeruk sebagai campuran bahan kue atau sebagai makanan penutup.

Kulit bawang merah

Kulit bawang merah kaya akan zat quercetin yang baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan mencegah plak arteri. Zat antioksidan di dalamnya pun lebih banyak daripada bawang merah sendiri.

Namun mengonsumsi kulit bawang merah secara mentah juga tidak baik. Sehingga kamu harus mencampurkannya ke dalam masakan yang kamu buat.

Kulit kacang almond

Banyak orang yang mengupas kulit kacang almond sebelum memakannya. Padahal kulit kacang almond baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan sebab tinggi akan serat.

Kulit kacang almond juga mengandung vitamin E yang baik untuk mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga kamu nggak perlu menghadapi masalah yang berkaitan dengan kolesterol di dalam tubuh apabila mengonsumsi almond secara rutin.

Kulit apel

Kalau kamu punya kebiasaan untuk mengonsumsi apel dengan kulitnya, lanjutkan kebiasaan baik tersebut. Kulit apel mampu mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan kolesterol di dalam darah. Kulit apel juga bermanfaat untuk melindungimu dari diabetes dan masalah jantung.

Kulit lemon

Menyembuhkan kanker, mengurangi kolesterol di dalam darah, dan melindungi kulit dari penyakit kulit seperti kudis merupakan sederet manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi kulit lemon.

Selain itu, kulit lemon juga berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan tulang, kesehatan mulut, dan pencernaan.